Penyebab Sariawan di Lidah

9 Penyebab Sariawan di Lidah

Diposting pada

Tampaknya hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Apakah pada pipi, bibir atau lidah, sariawan bisa sangat menyakitkan jika Anda ingin makan dan minum.

Munculnya sariawan di lidah tentu bisa mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit dan rasa sakit di mulut, yang mengurangi kemampuan untuk merasakan. Kondisi ini pasti akan mengganggu Anda dengan makan dan minum.

Sariawan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Kondisi medis seperti aphthous stomatitis, stres, diabetes, infeksi HIV, kanker, merokok, efek samping tertentu dari obat, efek samping kemoterapi, ataupun luka pada lidah biasanya penyebab sariawan di lidah.

Nah, tahukah Anda bahwa obat sariawan yang efektif tidak harus menggunakan resep dokter? Beberapa pilihan obat alami yang mungkin Anda miliki di rumah bisa menyembuhkan sariawan. Jadi, apa yang terjadi jika anak-anak Anda menderita sariawan? Apakah sariawan untuk anak-anak juga sama dengan orang dewasa? Simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu sariawan?

Sariawan, yang secara medis dikenal sebagai stomatitis, adalah sakit di mulut yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Luka mungkin berbentuk lonjong atau bulat dan putih atau kuning dengan tepi merah karena peradangan.

Lokasi sariawan dapat terjadi di dalam pipi atau bibir, serta pada permukaan gusi dan lidah. Sariawan yang tumbuh bisa mencapai satu atau lebih.

Sariawan umumnya bukan penyakit menular. Tetapi dalam beberapa kasus, sariawan dapat disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak, remaja berusia 10 hingga 19 tahun terutama, menjadi korban sariawan karena kurangnya kebersihan mulut atau lesi pada selaput lendir rongga mulut. Gejala radang mulut yang muncul biasanya tidak parah dan dapat sembuh tanpa perawatan medis dalam satu hingga dua minggu.

Penyebab sariawan terjadi

Melemahnya daya tahan tubuh, kekurangan vitamin B12, asam folat, dan infeksi virus atau bakteri tertentu adalah penyebab paling umum yang mengakibatkan sariawan terjadi. Terkadang, perubahan hormon tubuh, seperti selama menstruasi atau kehamilan, juga penyebab sariawan di lidah muncul.

BACA JUGA:  3 Cara Menyuburkan dan Mengkilapkan Rambut

Dalam beberapa kasus, jaringan lunak mulut yang mangalami trauma dapat menyebabkan sariawan. Misalnya, ketika mengunyah makanan lidah atau bibir Anda tergigit bahkan ketika Anda menyikat gigi terlalu keras bisa melukai gusi yang menyebabkan sariawan.

Simak dibawah ini saya sudah rangkum beberapa obat untuk mengobati sariawan dilidah

Cara menyembuhkan sariawan di lidah

Sariawan tidak berbahaya dan tidak akan menular, tapi rasa sakit yang dibawa sariawan sangat mengganggu apalagi jika tidak kunjung sembuh. Sariawan berbeda dengan hidung tersumbat, tapi sama saja penyebabnya. Sariawan bisa sembuh sangat lama, sekitar satu hingga dua minggu. Jadi, bukan tidak mungkin bagi Anda yang menderia sariawan membuat tidak nafsu makan dan malas untuk berbincang-bincang dengan orang-orang di sekitar.

Oleskan Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup efektif. Caranya hanya dengan mengoleskan madu di atas sariawan. Madu dapat membantu mengurangi rasa sakit sambil mempercepat proses pemulihan sariawan karena memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Kesimpulan itu diperoleh Prevention dari sebuah studi di Arab Saudi. Saat itu 94 peserta yang menderita sariawan secara rutin disuruh untuk mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut dan hasilnya ternyata efektif.

Berkumur dengan air garam

Garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri untuk mencegah pembengkakan sariawan Anda. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain menjadi obat alami untuk sariawan, garam juga membantu mencegah infeksi mulut. Berkumur dengan air garam selama sekitar 1 hingga 2 menit dapat meringankan sariawan tanpa pengobatan

Konsumsi air kelapa

Diperkirakan bahwa air kelapa mampu menjadi obat melawan sariawan di lidah. Karena kelapa bisa mencegah peradangan luka sekaligus mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. Juga diyakini bahwa kelapa membantu menenangkan suhu tubuh, yang terkadang menyebabkan sariawan.

BACA JUGA:  6 Makanan Sehat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kompres menggunakan ampas teh

Anda juga bisa mengompres kantong teh bekas untuk menyembuhkan sariawan di lidah dan bibir. Daerah asam mulut yang berlebihan bisa memperparah rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. Itulah jika dikompres dengan kantong teh dapat menetralkannya.

Menurut American Academy of Periodontology, daun teh dapat melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Selain itu, ampas teh yang tersisa dapat membantu menyehatkan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi.

Oleskan daging lidah buaya

Jika Anda mengalami sariawan dilidah tentunya sangat tidak nyaman sekali. Untuk melakukan ini, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian oleskan daging lidah buaya secukupnya pada sariawan. Ulangi dua hingga tiga kali sehari, saat mengoleskannya diamkan selama 30 menit.

Kompres dengan es batu

Jika sariawan sudah membengkak dah terasa menyakitkan, Ambil es batu dan kompres pada bagian yang terkena sariawan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi bengkak pada sariawan. Jika ini sulit, gunakan es batu di bagian mulut yang bersariawan sampai benar-benar meleleh di mulut.

Obat kumur

Ttidak semua obat kumur dapat digunakan sebagai obat untuk sariawan. Sebagian besar produk obat kumur yang ada di pasaran hanya dapat mengobati sariawan mulut yang ringan, seperti menggigit lidah saat mengunyah makanan. Beberapa sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri juga masih dianggap dapat disembuhkan dengan obat kumur.

Hindari mengonsumsi makanan asam

Makanan asam dapat memperburuk peradangan dan merusak permukaan jaringan lunak tubuh. Jadi, batasi porsi makanan asam Anda untuk sementara waktu. Ganti dengan sayuran hijau dengan rasa netral atau manis, susu, air kelapa dan teh. Pilih lah makanan dan minuman tidak bersifat asam, sehingga aman untuk sariawan.

BACA JUGA:  Mata Kedutan Sebelah Kiri Mengapa Bisa Terjadi?

Obat kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat yang mengandung hormon steroid, berguna jika ingin menambahkan hormon steroid ke tubuh, untuk meredakan peradangan atau peradangan dan untuk menekan sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Obat kortikosteroid untuk sariawan tersedia dalam bentuk salep dan obat kumur.

Obat sariawan untuk anak

Sariawan biasanya hilang dalam 7 sampai 14 hari tanpa pengobatan. Tapi apakah Anda tahan melihat anak terserah sariawan sampai berhari-hari? Pastinya tidak dan anakpun tidak akan tahan juga. Sariawan sangat jarang terjadi anak di bawah usia sepuluh tahun. Obat sariawan anak 2 tahun yang sering terkena sariawan bisa langsung dicek kedokter.

Sementara itu, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi oleh garis merah dan akan menyebabkan rasa sakit. Anak-anak yang menderita sariawan biasanya merasa tidak nyaman menelan makanan, belajar atau bermain.

Untuk penggunaan obat yang diberikan dokter dengan cara dioleskan langsung pada sariawan di lidah, Anda harus mengikuti aturan penggunaan. Antara lain, keringkan terlebih dahulu area mulut anak yang sariawan dengan hati-hati menggunakan tisu kering. Berikan beberapa tetes obat ke kapas dan oleskan dengan hati-hati dan perlahan. Jika ada hal lain yang disuruh dokter lakukanlah.

Kemudian, agar obat dapat diserap dengan baik, hindari memberi makan dan minum pada anak. Biasanya dalam waktu 15-30 menit sampai benar-benar terserap.

Dengan mengetahui penyebab sariawan di lidah tentunya akan memudahkan kita untuk menghindari beberapa penyebab sariawan. Lakukan hal diatas dengan rutin agar hasilnya memuaskan

Summary
Review Date
Reviewed Item
Penyebab Sariawan di Lidah
Author Rating
51star1star1star1star1star