penyebab penyakit maag

7 Penyebab Penyakit Maag Yang Harus Di Hindari

Diposting pada

Salah satu dari 7 penyebab penyakit maag adalah gastritis. Gastritis sendiri termasuk dari jenis penyakit maag. Gastritis terbagi menjadi dua, yakni gastritis akut dan gastritis kronik. Gastris yang terjadi secara tiba-tiba disebut sebagai gastritis akut atau acute gastritis, sedangkan yang terjadi secara perlahan-lahan disebut gastritis kronik atau cronic gastritis.

Keduanya memiliki gejala yang mirip, di antaranya ada rasa terbakar di perut bagian atas, kembung, sering bersendawa, mual-mual, dan muntah. Peradangan pada lambung pun tidak hanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang meningkatnya produksi asam lambung tetapi juga infeksi sejumlah bakteri.

Jika kondisinya sudah parah maka infeksi bakteri lah penyebab penyakit maag sebab terbentuknya borok-borok pada lambung atau tukak lambung. Baca juga 6 Makanan Sehat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Selain itu, sejumlah faktor akan meningkatkan kejadian penyakit maag seperti luka pada lambung dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Umumnya obat-obat penghilang rasa sakit akan merangsang lambung.

Berikut faktor yang dapat mendorong penyebab penyakit maag

Infeksi Oleh Bakteri

Orang yang terinfeksi bakteri Helicobacter pylori dapat mengalami gastritis. Seiring bertambahnya usia, infeksi Helicobacter pylori makin sering terjadi. Infeksi akibat bakteri ini merupakan infeksi yang cukup umum terjadi pada manusia Di negara-negara barat sekitar 35-40% penduduk mengidap bakteri Helicobacter pylori.

Sering kali, bakteri ditularkan melalui sesama anggota keluarga melalui feses atau  ludah, termasuk alat makan yang tidak dicuci dengan bersih. Bakteri itu kemudian tinggal di dalam perut hingga dewasa. Jika tidak diobati, penyakit tersebut bahkan dapat menyebabkan kanker.

Umumnya gastritis yang terjadi karena infeksi bakteri merupakan gastritis kronik. Separuh populasi orang didunia terinfeksi bakteri ini dan menyebarkannya dari satu orang ke orang yang lain. Pada sejumlah orang Helicobacter pylori akan merusak lapisan lambung.

Sejumlah dokter percaya bahwa tingginya kejadian penyakit ini pada orang tua disebabkan kebiasaan yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti merokok dan stres.

Obat penghilang nyeri

Konsumsi obat penghilang nyeri, seperti Nonsteroidal antiinflamatory drugs (NSAIDs) misalnya aspirin, ibuproven (Adyil, Motrin, dan lain lain), juga naproxen (Aleye), yang terlalu sering dapat menyebabkan penyakit maag. baik itu gastritis akut maupun kronis.

BACA JUGA:  6 Makanan Sehat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat mengiritasi (merangsang) dan mengikis permukaan lambung sehingga asam lambung dengan mudah akan mengikis permukaan lambung. Selanjutnya, gastritis akut pun terjadi.

Stres

Keadaaan stres yang disebabkan karena pembedahan, luka (trauma), terbakar, ataupun infeksi penyakit tertentu dapat mengakibatkan gastritis akut.

Asam empedu

Asam empedu adalah cairan yang membantu pencernaan lemak. Cairan ini diproduksi di hati dan dialirkan ke kantong empedu. Ketika keluar dari kantong empedu, asam empedu akan dialirkan ke usus kecil (duodenum). Secara normal, cincin pilorus (pada bagian bawah lambung) akan mencegah aliran asam empedu ke dalam lambung setelah dilepaskan ke duodenum.

Namun, apabila cincin tersebut rusak dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik atau dikeluarkan karena pembedahan maka asam empedu dapat mengalir ke lambung sehingga mengakibatkan peradangan dan gastritis kronik.

Serangan terhadap lambung

Sel yang dihasilkan oleh tubuh dapat menyerang lambung. Kejadian ini dinamakan autoimmune gastritis. Kejadian ini memang jarang terjadi, tetapi bisa terjadi.

Autoimmune gastritis sering terjadi pada orang yang terserang panyakit Hashimoto’s disease, Addison’s disease, dan diabetes tipe 1. Autoimmune gastritis juga berkaitan dengan defisiensi vitamin B12 yang dapat membahayakan tubuh.

Kondisi lain

Gastritis mungkin berkaitan dengan beberapa macam penyakit, di antaranya HIV/AIDS, Crohn’s disease, infeksi parasit, serta gangguan ginjal dan hati.

Makanan yang dianjurkan untuk Penderita Maag

Makanan yang dianjurkan untuk Penderita Maag

Biasanya, selain penyebab penyakit maag diatas maag juga hasil dari konsumsi makanan pedas atau berlemak, minuman berkafein dan alkohol. Jika ini terus berlanjut, maka obat-obatan tidak lagi menjadi pilihan Anda. Anda harus mengonsumsi asupan yang baik untuk membantu menenangkan ketidaknyamanan Anda dengan menetralkan asam dalam asupan yang baru Anda makan. Di bawah ini Anda akan menemukan berbagai makanan dan minuman yang dianjurkan untuk penderita maag.

Pisang

Pisang adalah buah alami rendah asam. Ini adalah makanan yang baik untuk dimakan jika Anda mengalami gejala mulas. “Pisang yang lembut membantu meredakan ketidaknyamanan karena dapat menempel pada lapisan kerongkongan yang terganggu oleh pembentukan lapisan pelindung,” kata Gerard E. Mullin, MD, pakar kesehatan pencernaan dan penulis “The Gut Balance Revolution”.

Jahe

Tanaman akar ini adalah obat yang dapat digunakan untuk banyak masalah pencernaan. Robynne Chutan, ahli gastroenterologi di Washington DC, merekomendasikan membuat bahan teh untuk menghilangkan rasa sakit. “Teh jahe adalah minuman yang efektif sebagai anti-inflamasi dan anti-asam lambung.”

BACA JUGA:  3 Cara Menyuburkan dan Mengkilapkan Rambut

Oatmeal

Makan semangkuk oatmeal melindungi dan mendukung lapisan perut Anda, tetapi juga mengisi tubuh Anda dengan serat sehat. Dengan menghindari penggunaan krim kental pada oatmeal, lemak sehat melemaskan sphincter esophagus bagian bawah, sehingga dapat mencegah isi lambung naik.

Garam beryodium

Kadar yodium yang rendah dapat menyebabkan hipotiroidisme, sering dikaitkan dengan asam lambung. Jika Anda tidak bisa makan garam karena alasan kesehatan, Anda harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yodium. Kadar natrium yang rendah dikaitkan dengan asam lambung, jadi pastikan untuk mengonsumsi setidaknya sedikit garam dalam makanan Anda.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai agen penyembuhan alami dan perawatan lambung. Lidah buaya adalah tanaman hidup, tetapi daun atau bentuk cair kadang dijual terpisah di toko bahan makanan. Lidah buaya dapat digunakan dalam resep sebagai pengental cair dan koagulan.

Seledri

Seledri hampir tidak mengandung kalori karena kandungan airnya yang tinggi dan merupakan pilihan terbaik jika Anda memiliki asam lambung. Selain itu, seledri juga dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

Buah yang Baik untuk Penderita Maag

Buah yang Baik untuk Penderita Maag

Ketika Anda menderita maag, itu berarti Anda harus mengelola diet sebaik mungkin. Karena memilih makanan yang buruk dapat menyebabkan kekambuhan asam lambung, seperti batuk, mual, atau sakit tenggorokan.

Tidak hanya memilih jenis makanan yang baik untuk asam lambung. Selain minum obat, ada juga jus untuk penderita maag yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Jus Buah Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, seperti kalium, yang dapat menstabilkan keasaman lambung dan menghentikan serangan lambung. Pisang juga mengandung potasium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah karena stres.

Jus Buah Pepaya

Jus buah untuk penderita maag berikutnya adalah jus buah pepaya yang mengandung enzim propeolitik yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan. Dengan makan pepaya satu jam setelah makan, protein dalam makanan terus dicerna dengan lebih baik.

BACA JUGA:  Mata Kedutan Sebelah Kiri Mengapa Bisa Terjadi?

Jus Buah Alpukat

Siapa yang tidak suka jus alpukat yang rasanya enak dan nutrisi yang baik membuat alpukat sangat digemari semua kalangan. Kandungan vitamin A, B dan E yang ada pada alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan lambung.

Pantangan untuk Penderita Maag

Setelah Anda mengetahui makanan yang baik untuk perut Anda, yang tidak kalah penting adalah pantangan untuk penderita maag. Apa saja pantangan itu simak ya!

Cabai

Anda harus tahu bahwa naiknya asam lambung dan berlebih bisa membuat luka di organ dalam. Cedera itu dapat menyebabkan rasa sakit yang tentunya akan mempengaruhi kesehatan dan aktivitas Anda. 

Untuk menghindari situasi seperti itu, hindari makanan yang mengandung cabai. Makanan pedas dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang sangat pedas, ini dapat menyebabkan infeksi lambung.

Anda bisa menikmati rasa pedas dengan lada atau saus tomat dibandingkan dengan saus cabai.

Buah dengan rasa Asam

Meski terlihat sehat, ada beberapa jenis buah yang tidak baik untuk penderita asam lambung. Buah-buahan beraroma asam seperti jeruk, lemon, tomat atau anggur harus dihapus dari daftar menu Anda.

Juga hindari salad yang mengandung cuka, buah acar atau acar sayuran karena makanan asam yang mengandung asam lambung dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Makanan yang Berminyak dan Berlemak

Makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan masalah perut karena sulit diserap. Hindari makanan ringan seperti gorengan, bawang bombai, telur goreng, kentang goreng, keripik kentang dan kue goreng. Makanan yang mengandung lemak jenuh dapat mengiritasi lambung, jadi Anda harus menghindarinya sebanyak yang Anda bisa.

Makanan yang Mengandung Alkohol

Kandungan alkohol pada makanan seperti tape atau manisan buah bisa meningkatkan asam lambung dan menyebabkan iritasi. Anda juga harus berhenti minum beralkohol untuk menghindari penyakit keasaman lambung.

Makanan beralkohol mengandung banyak gas dan mempercepat peningkatan asam lambung, sedangkan minuman beralkohol dapat melepaskan otot sfingter di kerongkongan sehingga asam lambung dapat meningkat.

Penutup

Jika ditangani dengan benar, maag tidak berbahaya, tetapi penderita harus memahami cara mencegahnya dengan gaya hidup sehat dan paham 7 penyebab penyakit maag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *