Diabetes-Melitus-tipe2

6 Gaya Hidup Tidak Baik Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Diposting pada

Sepuluh tahun yang lalu, wanita yang terserang diabetes melitus atau kencing manis selalu wanita setengah baya (45 tahun ke atas). Sangat beda dengan beberapa tahun terakhir ini wanita usia 30-an bahkan sudah mengidap diabetes melitus. Sebenarnya apa sih penyebab diabetes melitus tipe 2 yang katanya susah untuk disembuhkan?

Setelah sebelumnya kita membahas Penyebab Osteoporosis Pada Wanita sekarang saya akan menjelaskan sedikit mengenai gaya hidup yang wajib dihindari agar tidak terserang diabetes melitus tipe 2.

Perbedaan diabetes tipe 1 dan 2, yaitu diabetes melitus tipe 1 yang disebabkan gagalnya pankreas menghasilkan cukup insulin (karena faktor keturunan) dan diabetes melitus tipe 2 yang diakibatkan resistensi insulin menekan gula dalam darah sehingga gula dalam darah meningkat dari semestinya (lebih banyak karena faktor gaya hidup yang salah).

Banyak yang salah penafsiran yang mengatakan kencing manis disebabkan oleh keturunan, padahal sudah jelas menurut para ahli gaya hidup yang tidak baik lah penyebab utama dari diabetes melitus.

Sejenak kita pikirkan dulu gaya hidup kita tidaklah seperti sekarang yang sebar instan. Dimasa ini untuk mendapatkan makanan yang mewah cukup ambil smartphone dan makanan bisa langsung sampai didepan Anda. Tidak adanya kesadaran gaya hidup sehat pada zaman sekaranglah menurut para ahli yang menyebabkan begitu maraknya penyakit yang menyerang pada usia muda.

Satu kunci menghindari penyebab diabetes melitus yang bisa kita lakukan dizaman serba instan ini yaitu perbaiki gaya hidup. Dengan begitu penyakit berbahaya seperti diabetes atau yang lain tidak akan menyerang kita. Tapi jika Anda sudah terlanjur terkena diabetes melitus tipe 2 bisa coba mengubah gaya hidup. Bukan tidak mungkin diabetes tipe 2 dapat sembuh. Dengan berubahnya gaya hidup berdampak bisa mengurangi dampak bahaya dari penyakit ini. Selain itu beberapa gejala diabetes tipe 2 ini di antaranya:

  • Dibagian tubuh anda yang menghitam
  • Terdapat Luka yang sulit untuk sembuh
  • Penglihatan mulai kabur kabur
BACA JUGA:  Diet Golongan Darah AB Paling Efektif dan Aman

Jika Anda mengalami hal diatas, bisa langsung dikonsultasikan kepada dokter ahli untuk mencegah diabetes tipe 2 ini semakin sulit disembuhkan. Selain itu Anda juga wajib untuk mengubah gaya hidup yang tidak baik dengan rajin berolahraga karena menurut dokter waktu ideal berolahraga selama 1 minggu adalah 150 menit.

 

Gaya Hidup Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

1. Kerajinan minum bersoda

Penyebab utama diabetes melitus adalah tingginya kadar gula ditubuh kita. Minuman bersoda tidak terkontrol termasuk salah satu gaya hidup yang wajib kita ubah untuk menghindari kencing manis. Kalori tinggi dalam minuman bersoda yang disebabkan tingginya kadar gula dan kandungan kafein di dalamnya memicu orang untuk minum terus-menerus tanpa disadari.

Akibatnya, tanpa disadari berat badan naik dan otomatis risiko terjadinya diabetes juga ada. Mulai sekarang gantilah minuman bersoda dengan air putih sehingga kita bisa menjalani hidup sehat tanpa khawatir terserang diabetes melitus.

2. Gemar minum teh manis

Selain dari minuman bersoda asupan gula juga berasal dari minum es teh manis. Apalagi yang doyan minum es teh manis terutama di malam hari bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara tajam sehingga kemampuan insulin normal akan berkurang. Inilah yang memicu penyakit kencing manis.

Padahal data kesehatan menunjukan 43.960 wanita kulit hitam yang sering minul 2 gelas minuman manis dalam sehari menunjukkan risiko terserang diabetes 25-30% dibanding mereka yang tidak.

Gaya hidup buruk satu ini harus dihindari terutama tidak mengonsumsi es teh manis bersama nasi dan mi. Hindari juga makan-makanan berat ketika malam hari agar menjaga bentuk tubuh ideal.

3. Obesitas

Jika kita tidak menghindari gaya hidup buruk diatas pastinya akan terserang obesitas. Padahal obesitas merupakan salah satu faktor utama seseornag berisiko terkena diabetes tipe 2. Jika Anda merasa berat memiliki berat badan berlebih, Anda bisa mengurangi berat Anda dengan rajin berolah raga.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Berkurangnya berat badan sekitar 5-10% dbisa mengurangi risiko terserang diabetes. Rajin olahraga serta dibarengi diet kalori dan rendah lemak sangat disarakan sebagai langkah terbaik untuk menurunkan berat badan dan mencegah kencing manis.

4. Ngemil kue dan jajanan

Banyak wanita mengira bahwa dengan tidak makan malam akan langsing. Akan tetapi, banyak kenyataan dari pasien pengidap kencing manis yang memperoleh hasil yang sebaliknya. Pengurangan kalori yang mereka lakukan tidak berhasil karena mereka masih suka ngemil dan mengonsumsi jajanan.

Berdasarkan hasil survei yang saya lakukan, para wanita kebanyakan menganggap bahwa jika mereka menghapus makan malam dan menggantinya dengan camilan dan jajanan manis, maka mereka sudah memangkas kalori yang masuk ke tubuh. Padahal kenyataannya kalori dari jajanan rata-rata lebih tinggi dari makanan utama, itulah yang menyebabkan diet tanpa makan berat dimalam hari mereka gagal.

5. Kurang istirahat dan tidur

Apakah Anda termasuk yang mengeluh lelah setiap malam? Jika kelelahan kronis yang mengenai Anda terjadi karena kurang tidur dan secara terus-menerus, maka hal ini bisa menurunkan metabolisme tubuh dan itu wajar.

Tapi jika Anda kurang istirahat itu berarti glukosa yang diproses tubuh akan menurun secara drastis dan bila berkelanjutan dapat memicu penyakit kencing manis. Menariknya lagi, bagi tubuh hal ini berarti ancaman yang memicu hormon lapar sehingga secara otomatis rangsang makan akan bertambah esoknya.

6. Kurang gerak dan olahraga

Ada satu cerita unik sewaktu saya mengajar sebagai troiner kebugaran. Jika murid saya atau pasien saya berlibur ke Bali, maka pulangnya selalu gemuk atau bertambah berat badannya. Akan tetapi jika berlibur ke Singapura, pulangnya pasti berat badannya turun. Alasannya temyata kalau di Singapura selain makanan lebih mahal, mereka juga terpaksa jalan kaki ke mana-mana.

BACA JUGA:  Mata Kedutan Sebelah Kiri Mengapa Bisa Terjadi?

Sementara jika ke Bali, mereka akan makan sepuasnya dan untuk berkeliling mereka menyewa sebuah mobil. Berdasarkan cerita tersebut maka dapat disimpulkan bahwa berolahraga teratur mampu mengurangi kalori sehingga menurunkan berat badan dan otomatis membakar gula darah.

7. Pil kontrasepsi

Penyebab dari diabetes melitus kadang-kadang berasal dari pil kontrasepsi. Pil ini berkomposisi yaitu hormon esterogen dan progesteron, atau progesteron saja. Karena berlawan kerja antara pil kontrasepsi dengan insulin , sehingga pankreas yang terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dipaksa kerja keras membuat hormon insulin.

Itulah mengapa penyakit ini baru diketahui lama karena pankreas yang letih dan tidak berfungsi dengan baik lagi. Sehingga Anda harus hati-hati memilih pil kontrasepsi. Alangkah lebih baik jika segera berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan pil kontrasepsi.

Kesimpulan Agar Terhindari dari Diabetes Melitus Tipe 2

Biasanya kita baru sadar terserang penyebab diabetes melitus tipe 2 ketika stadium yang berat. Dengan menghindari gaya hidup buruk, tentunya kita tidak usah khawatir lagi terserang kencing manis, karena penyakit ini jenisnya kronis (disebabkan melewati periode panjang).

Sebaiknya saya menyarankan Anda untuk melakukan tes kesehatan secara rutin, paling tidak 2 kali dalam setahun atau jika ada gejala yang mencurigakan.  Bagi Anda yang ingin tes kesehatan bisa segera menanyainya di puskesmas karena program tes kesehatan gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *