Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Paling Ampuh

Diposting pada

Menyusui anak Anda tentu sangat menyenangkan. Tapi biasanya dalam jangka panjang, daya tahan tubuh Anda akan menurun karena kelelahan. Anda juga semakin mudah terserang penyakit, termasuk flu dan batuk. Sebagai seorang ibu menyusui, tentu saja tidak dianjurkan untuk minum obat.

Bagi ibu menyusui yang menderita flu sering diberitahu untuk tidak minum obat, karena obat bisa diserap oleh ASI. Gejala mirip flu yang sering terjadi, seperti pilek, hidung tersumbat, sakit tubuh, nyeri otot dan sakit kepala dapat mengganggu proses menyusui bayi.

Solusinya dengan menggunakan obat flu yang aman dari bahan alami. Tapi apa saja bahan tersebut? Simak ulasannya disini:

Obat Flu Alami Untuk Ibu Menyusui

Minuman Hangat

Untuk mengurangi masuk angin dan batuk sambil mempertahankan produksi ASI dan kesehatan anak Anda, cobalah minum air hangat. Cukup minum air hangat, kaldu ayam dan susu panas sudah cukup untuk ibu menyusui yang membutuhkan lebih banyak cairan. Minuman hangat dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan meredakan tenggorokan gatal.

Baca juga : Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Dan Efektif

Wedang Jahe

Jahe mengandung minyak esensial zingiberena (zingirona), gingerol, mineral dan antioksidan alami yang dapat mengurangi gejala demam dan influenza. Selain itu, asam amino dan mineral yang terkandung dalam jahe juga dapat memperlancar sirkulasi darah.

Teh Hangat

Jenis teh yang bisa menjadi obat flu alami untuk ibu menyusui adalah teh hijau dan teh hitam. Teh hijau atau teh hitam kaya akan antioksidan theanine, flavonoid, dan katekin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap flu.

Konsumsi Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotik yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain meningkatkan ASI, Anda juga bisa menggunakan yogurt sebagai obat flu alami untuk ibu menyusui. Sebagai hasil dari susu fermentasi, yogurt kaya akan probiotik yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Bawang putih

Meski memiliki aroma yang kuat, bawang putih bisa menjadi teman terbaik Anda melawan flu dan batuk. Cara mencuci bawang putih lalu mengkonsumsinya mentah-mentah. Ambil 1-3 siung bawang putih mentah setidaknya dua kali sehari. Jika Anda tidak menyukai aroma kuat bawang putih mentah, Anda bisa merebusnya sebentar.

Konsumsi sup ayam kampung

Sup ayam telah menjadi obat flu alami yang telah digunakan sejak zaman kuno. Konsumsi sup saat masih hangat bisa membuat tubuh lebih nyaman, mengurangi demam dan tidak nyaman di tenggorokan. Berbagai jenis bahan dari sup ayam seperti sup kaldu ayam, wortel, brokoli dan jenis biji-bijian lainnya dapat membantu mencegah peradangan, melawan perkembangan virus dalam tubuh, dan membantu meningkatkan ruang pernapasan. Itu sebabnya sup ayam dapat membantu mengatasi gejala flu yang tidak nyaman bagi ibu menyusui.

Makanan yang mengandung Vitamin C

Tingkatkan asupan buah-buahan dan sayuran segar selama menyusui, terutama yang kaya vitamin C. Ini dapat membantu Anda pulih dengan cepat dari flu atau batuk.

Konsumsi Gingseng

Gingseng adalah akar herbal yang terbukti sangat baik untuk mengobati flu ringan atau berat. Ginseng dapat bekerja untuk menghilangkan stres, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi berlebihan akibat virus dalam tubuh. Anda bisa mencoba membuat teh dari akar ginseng kering. Ginseng dalam bentuk suplemen juga bisa digunakan asalkan tidak berlebihan.

Konsumsi Madu

Madu dikenal sebagai obat untuk semua jenis penyakit, salah satunya adalah meredakan flu pada ibu menyusui. Ibu bisa mengkonsumsi madu setiap pagi. Selain mengobati flu, madu juga dapat memperkuat kekebalan tubuh dan memperlancar ASI serta menyingkirkan flu dan batuk dengan segera.

Konsumsi Sirup Thymi

Untuk ibu menyusui, bayi dan anak kecil, sirup thymi sangat cocok untuk batuk karena tidak memiliki efek samping, rasanya enak dan sangat aman. Sirup thymi dapat dibeli di apotek dengan harga yang terjangkau.

Konsumsi minyak zaitun

Ekstrak minyak zaitun juga akan membantu menyembuhkan flu pada ibu menyusui. Ada berbagai manfaat minyak zaitun seperti mengatasi hidung tersumbat, asma, sakit kepala dan juga membuat tubuh lebih kuat terhadap infeksi virus flu. Bahkan minyak zaitun dapat mengatasi efek peradangan yang dapat membuat tubuh ibu menyusui menjadi lemah.

Konsumsi Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat berguna untuk mencegah flu dan juga untuk mengobati flu. Diperkirakan minyak kelapa mampu mengikat lemak jahat dalam tubuh dan mampu mempertahankan jumlah lemak sehat dalam tubuh. Efeknya kemudian akan membuat tubuh lebih sehat karena kekebalannya meningkat secara alami. Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk memasak sayur dan lauk.

Aktivitas Sederhana Untuk Mengobati Flu Saat Menyusui

Lebih giat untuk olahraga

Ibu menyusui yang menderita flu juga dapat mencoba melakukan latihan ringan. Berbagai jenis olahraga dapat membuat kekebalan tubuh meningkat secara alami. Maka itu juga akan meredakan berbagai gejala flu yang tidak nyaman. Tetapi olahraga tidak boleh dilakukan ketika tubuh ibu mengalami mual, demam tinggi, muntah dan sakit kepala. Beberapa jenis olahraga ringan dapat dilakukan seperti peregangan dan berjalan.

Lakukanlah Yoga

Melakukan yoga untuk ibu menyusui memang terlihat sulit dilakukan. Tetapi yoga ternyata menyembuhkan flu secara alami. Ketika Anda melakukan yoga tubuh bergerak aktif dan juga mendorong gerakan fisik yang lebih teratur. Yoga akan meningkatkan ketenangan dan juga membantu meningkatkan fungsi pernapasan. Yoga dapat dilakukan ketika bayi sedang tidur atau orang lain membantu merawat bayi. Secara umum yoga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kemudian tubuh membentuk reaksi yang kuat terhadap virus flu.

Berjemur

Saat ibu menyusui kena flu, jangan ragu berjemur. Anda dapat mencoba melakukan ini ketika sedang jalan bersama bayi di pagi hari. Di bawah sinar matahari pagi, ada sejumlah besar vitamin D yang efektif dalam mengatasi flu dan mencegah infeksi yang terlalu serius. Vitamin D dari matahari juga sangat berguna untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh, membuat paru-paru lebih bersih dan membantu mengatasi nyeri otot akibat infeksi virus flu. Pastikan Anda menikmati matahari pagi ketika belum terlambat.

Mencegah Datangnya Flu Ketika Menyusui

Meskipun ada banyak cara untuk menyembuhkan pilek dan batuk secara alami, mencegahnya lebih baik daripada menyembuhkannya. Flu biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan dan gejala timbul karena sistem kekebalan tubuh menurun. Dalam kondisi normal, itu akan membaik sendiri dalam 7-14 hari. Ini 5 hal untuk mencegah flu saat menyusui:

  1. Cukup untuk istirahat dengan tidur, waktu tidur yang ideal adalah 7-8 jam per hari.
  2. Minumlah banyak air, yaitu sekitar 2-2,5 liter per hari.
  3. Makan makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Menyusui melelahkan. Buat kondisi tubuh yang nyaman dengan mandi air hangat sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan aromaterapi lavender untuk membantu Anda tidur.

Cara Efektif Menghindari Obat Tidak Jelas ketika Menyusui

Hindari menggunakan obat bebas di pasaran tanpa berkonsultasi dengan dokter. Meskipun dosis yang digunakan rendah, penggunaan obat secara acak, terlepas dari kandungan dan indikasi yang dihasilkan, tidak baik untuk kesehatan bayi Anda. Obat herbal tidak boleh digunakan karena keamanan obat-obatan herbal masih belum terbukti.

Hindari mengonsumsi kombinasi berbagai jenis obat, seperti yang digunakan untuk mengobati pilek dan sakit kepala. Juga hindari obat-obatan yang dilepaskan dalam jangka waktu lama atau bertindak secara bertahap karena obat tersebut akan dicerna oleh tubuh. Ini akan memiliki efek yang merugikan pada bayi karena kemungkinan terpengaruh oleh obat tersebut.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star