Mata Kedutan Sebelah Kiri

Mata Kedutan Sebelah Kiri Mengapa Bisa Terjadi?

Diposting pada

Mata kedutan sebelah kiri sering terjadi tanpa sepengetahuan kita. Setelah ini terjadi, Anda mungkin akan mengabaikannya terlepas dari apa yang sebenarnya terjadi. Jadi apa yang harus kita lakukan jika mata kedutan?

Mata berkedutan disebut blefarospasme. Suatu kondisi di mana gerakan berulang pada otot-otot di sekitar kelopak mata dan dapat menghilang dalam waktu singkat. Namun, kontraksi yang terus terjadi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan perlu diobati.

Biasanya ditandai dengan kejang atau gerakan kelopak mata, yang mungkin muncul pada kelopak mata atas dan bawah. Seringkali, kontraksi terjadi secara tiba-tiba dan dapat berlangsung untuk sementara waktu.

Mata kedutan biasanya tidak menyakitkan dan aman. Biasanya, ini adalah hasil dari kelelahan, kurang istirahat, stres, konsumsi alkohol, konsumsi kopi yang berlebihan, kebiasaan merokok, iritasi kornea atau lapisan internal kelopak mata .

Beberapa orang mungkin merasakan ketika mata mereka kedutan sementara yang lain hanya merasa gerakan terlalu kecil atau terlalu lemah untuk direalisasikan.

Penyebab Umum Mata Kedutan Sebelah Kiri

Mata kedutan dapat terjadi karena berbagai alasan. Pelajari lebih lanjut tentang kondisi yang dapat membuat mata berkedut. Selain itu, Anda harus tahu cara menghadapinya, dan mungkin saja mata kedutan sebelah kiri adalah gejala dari masalah medis yang serius.

Stres

Sebagian besar penyebab mata kedutan sebelah kiri mendadak tidak berbahaya dan dapat diobati dengan mudah. Salah satu alasannya adalah stres. Memang, semua orang yang stres tidak akan mengalami mata kedutan. Bagi sebagian orang, stres dapat memicu terjadinya mata kedutan.

Jika Anda mengalami mata kedutan yang disebabkan oleh stres, penyembuhnya adalah rileks. Anda dapat memilih untuk berlatih teknik pernapasan, yoga, hobi, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, dll.

Kelelahan

Kelelahan juga dapat menyebabkan mata kedutan, karena kurang tidur atau penyebab lainnya. Untuk mengatasinya, cobalah rileks atau luangkan waktu untuk tidur lebih banyak. Kelelahan pada mata yang spesifik juga dapat memicu mata kedutan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh gangguan penglihatan yang membutuhkan kacamata atau perubahan ukuran lensa kacamata. Atau bagi ibu hamil bisa mencoba berolahraga.

BACA JUGA:  Diet Golongan Darah AB Paling Efektif dan Aman

Alat Elektronik

Penggunaan berlebihan perangkat elektronik, seperti komputer, TV, tablet atau smartphone, juga dapat menyebabkan kelelahan mata. Untuk mencegah hal ini terjadi, terapkan aturan “20-20-20”, yaitu berpaling dari layar setiap 20 menit, lalu istirahat dengan melihat objek setidaknya 6 meter selama sekitar 20 detik.

Kafein

Konsumsi kafein juga dapat menyebabkan mata kedutan sebelah kiri. Karena itu, cobalah untuk menghindari atau mengurangi konsumsi kopi, teh, cokelat, minuman bersoda dan lainnya. Minuman beralkohol juga diketahui menyebabkan kontraksi otot. Jika Anda mengkonsumsinya, pertimbangkan untuk berhenti melakukannya.

Mata kering

Pemicu kedutan lainnya adalah mata kering. Ini dapat terjadi secara normal pada orang di atas 50 tahun. Mereka yang secara teratur menggunakan komputer atau laptop juga menghadapi kondisi ini. Mata kedutan juga dapat terjadi pada orang yang menggunakan obat tertentu (seperti antihistamin dan antidepresan), menggunakan lensa kontak, dan lelah. Jika Anda memiliki mata yang kering, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.

Asupan nutrisi yang tidak seimbang

Ketidakseimbangan dalam asupan nutrisi, terutama magnesium, juga telah dilaporkan berhubungan dengan mata kedutan. Hal lain yang juga bisa memengaruhi adalah adanya alergi. Mata alergi akan membengkak, mengalir dan gatal. Biasanya, Anda yang merasakan alergi pada mata menggosok mata secara refleks. Akibatnya, zat histamin akan dilepaskan ke jaringan kelopak mata dan air mata. Dipercaya juga bahwa histamin menyebabkan kedutan.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Benign essential blepharospasm

Ada penyebab lain yang menyebabkan mata berkontraksi untuk waktu yang lama, dan Anda harus tahu, penyebab ini membutuhkan perhatian khusus. Salah satunya adalah Benign essential blepharospasm. Kondisi ini menggambarkan kelainan neurologis langka yang menyebabkan kejang dan kontraksi otot di sekitar mata. Kondisi ini biasanya terjadi pada usia 30 dan lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria. Mereka yang menderita penyakit ini akan sering berkedip, yang dapat disebabkan oleh stres, kelelahan, angin, cahaya atau polusi udara. Benign essential blepharospasm biasanya bersifat genetik. Jika kondisi ini dibiarkan, kerusakan dapat terjadi.

BACA JUGA:  Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Paling Ampuh

Hemifacial spasm

Hemifacial spasm adalah penyebab lain dari mata kedutan sebelah kiri yang membutuhkan perhatian khusus. Kondisi ini diduga disebabkan oleh iritasi pada saraf wajah. Kejang yang sering muncul awalnya terasa di satu mata, kemudian meluas ke satu sisi wajah dan menyebabkan kontraksi spontan pada rahang, mulut, pipi dan bahkan leher.

Jika dalam beberapa waktu kemudian, Anda merasa bahwa mata sebelah kiri sering kedutan, cobalah untuk menentukan apa penyebab yang mungkin terjadi. Anda mungkin mengalami mata kedutan yang disebabkan oleh kurang tidur, stres, atau konsumsi berlebihan kafein dan minuman beralkohol.

Jika jawabannya adalah satu atau ketiganya, Anda harus segera mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Jika kontraksi mata tidak membaik, tanyakan kepada dokter Anda untuk perawatan yang tepat.

Cara Mudah Untuk Mengobati Mata Kedutan Sebelah Kiri

Efek samping dari obat epilepsi dan psikosis bisa membuat mata kedutan. Namun, jika Anda hanya mengalami kontraksi mata di satu sisi, tanpa gejala lainnya, jangan khawatir. Mata yang berkedut akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu singkat, tetapi dapat muncul kembali dalam beberapa jam, beberapa hari atau lebih. Berita baiknya adalah bahwa mata kedutan adalah penyakit yang umum dan bukan merupakan gejala penyakit serius.

Mata yang berkedut dikompres

Setiap malam sebelum tidur, kompres air hangat ke mata yang berkedut. Jika masalah berlanjut, coba ganti air panas dengan air dingin setiap 10 menit.

Obati Mata kedutan dengan Akupuntur

Ketika Anda mengunjungi praktik akupunktur, beri tahu tukang pijat Anda tentang keluhan Anda tentang Mata kedutan. Atau, Anda bisa melakukan pijatan sendiri di rumah. Cukup tekan jari Anda di area alis dan pijat dengan lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk mengendurkan otot mata. Kemudian bergerak perlahan ke sisi luar mata, area di bawah mata dan bagian dalam mata.

BACA JUGA:  Inilah Penyebab Osteoporosis Pada Wanita

Mengurangi Konsumsi alkohol dan kafein

Selain kopi dan teh, kurangi minuman energi dan obat penghilang rasa sakit. Atau, Anda bisa mengonsumsi air tonik, yaitu air kelapa. Air kelapa bermanfaat untuk mengendurkan otot mata karena kandungan quinine yang didalamnya.

Tidur Lebih Awal

Jika mata kedutan mulai disebabkan oleh kurang tidur, cobalah tidur 10-15 menit lebih awal dari jadwal tidur normal Anda. Sering bergadang bisa memberatkan kelopak mata.

Gunakan juga Uap Panas Pada Mata

Tidak hanya akan menenangkan dan melembabkan wajah, tetapi uap panas akan membuka dan membersihkan pori-pori. Caranya, tuangkan air panas ke dalam mangkuk, tutupi kepala Anda dengan handuk dan biarkan uap menghangatkan wajah Anda. Bisa Anda coba tambahkan minyak esensial karena efektif untuk menghilangkan alergi atau mata kering.

Berbagai obat untuk mata kedutan sebelah kiri

Dalam banyak kasus, mata kedutan ringan akan hilang dengan sendirinya. Jika penyebabnya adalah mata kering atau iritasi mata, coba gunakan air mata buatan bisa dicari di apotek. Biasanya, menggunakan air mata buatan ampuh untuk mengobati mata kering.

Perawatan yang paling umum digunakan adalah toksin botulinum (Botox, Dysport, Xeomin). Obat ini juga sering digunakan dengan kejang hemifacial. Botox dapat meredakan kejang parah selama beberapa bulan. Namun, begitu efek dari suntikan menghilang, Anda akan membutuhkan lebih banyak suntikan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *