makanan sehat untuk ibu hamil dan janin

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Diposting pada

Jika kamu sedang mengandung atau sedang melakukan program kehamilan, tentunya makanan yang akan dicerna oleh janin tidak boleh sembarangan. Apalagi jika ingin mempunyai anak yang cerdas atau minimalnya sehat dan tidak lahir prematur, tentunya hanya makanan sehat untuk ibu hamil dan janin yang boleh masuk ketubuh kita

Nutrisi yang sehat selama kehamilan tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu, tetapi memiliki dampak langsung pada perkembangan janin dan mempertahankan perkembangannya secara sehat dan ideal, saya akan mengulas daftar makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, dan yang terpenting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan.

 

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Setelah Anda membuat keputusan kehamilan, makanan sehat untuk ibu hamil dan janin ini dianggap sebagai bagian penting dari diet Anda agar janin tidak lahir obesitas. Karena itu makanan ini dapat dikonsumsi oleh tubuh Anda selama bulan pertama kehamilan. Makanan ini hanya dapat dikonsumsi ketika kehamilan kalian setidaknya berumur setengah bulan. Sebagian besar makanan ini kaya akan asam folat serta komponen utama sistem saraf janin.

Lentil atau Miju-miju

Jika Anda tidak suka makan daging, lentil adalah alternatif terbaik, terutama dengan adanya kehamilan, yang sering mencegah ibu hamil dari makan daging. Lentil adalah sumber yang kaya protein dan zat besi, serta asam folat, serat dan kalsium yang baik. Mineral ini melindungi Anda dari bahaya.  Ini juga membantu pertumbuhan otak janin yang sehat selama kehamilan, Sup Lentil adalah makanan sehat, enak, dan mudah untuk dibuat.

Sayuran

Sayuran hijau apalagi yang berwarna gelap seperti bayam atau kembang kol termasuk sayur yang  penuh dengan antioksidan yang melindungi jaringan otak janin dari kerusakan, serta mengandung asam folat, elemen paling penting dalam mengatur metabolisme janin dan memastikan bahwa ia menerima nutrisi utama. Sayuran wajib dimasukan dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil.

BACA JUGA:  7 Penyebab Penyakit Maag Yang Harus Di Hindari

Jus jeruk

Satu gelas jus jeruk setiap pagi dapat memberi suplai tubuh asam folat, kalium dan vitamin C. Asam folat melindungi janin dari malformasi kongenital , terutama di bulan-bulan awal kehamilan. Kalium membantu dalam pertumbuhan otot janin. Vitamin C melindungi Anda dari risiko leukemia, kedinginan dan flu, serta juga membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil di Bulan Kedua Dan Ketiga Kehamilan

Ketika kalian masuk kehamil di bulan kedua ataupun ketiga, sangat disaran untuk kalin berolahraga untuk mencegah kelelahan saat melahirkan. Bisa baca artikel ini 4 Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

Susu atau Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu merupakan bagian terstruktur dari diet sehat. Yogurt adalah produk olahan susu terbaik, dengan kandungan kalsium lebih tinggi dari susu itu sendiri.  Kalsium dalam yogurt membantu janin mendapatkan unsur-unsur penting untuk membangun tulang dan gigi yang sehat. Janin tidak perlu menyerap unsur-unsur yang dibutuhkannya dari tulang ibu, sehingga menghindari risiko osteoporosis di kemudian hari. Yoghurt juga mengandung protein, vitamin B, dan seng.

Telur

Telur juga merupakan sumber protein dan zat besi yang melimpah dan merupakan komponen vital perkembangan otak janin. Telur mengandung kolin, yang melindungi janin dari risiko malformasi saraf, dan di masa depan akan membantu memperkuat daya ingat dan kemudahan belajar bagi janin.

Salmon dan sarden

Ikan berminyak seperti salmon dan sarden adalah sumber asam lemak, omega-3, dan protein yang sangat baik. Tidak ada yang lebih baik daripada omega-3 untuk membentuk otak anak, menjaga sel-sel tumbuh dengan baik dan memiliki efek pada IQ anak yang lebih tinggi dan keterampilan motorik yang lebih cepat. Ikan umumnya merupakan alternatif yang paling bagus selaian mengkonsumsi daging atau ayam, dan ibu hamil harus mencoba mengkonsumsi salmon dan sarden.

BACA JUGA:  6 Makanan Sehat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua

Buat kalian yang tidak tau trimester kedua yaitu kira-kira minggu ke-13 hingga minggu ke-27 kehamilan. Setelah mengkonsumsi daftar makanan sehat diatas, ibu hamil harus mengikuti pola makan sehat yang terintegrasi untuk memastikan kesehatan dan keselamatan tubuhnya, dan juga kesehatan dan keselamatan pembentukan janin. Kalian sekarang dapat berkomitmen untuk mengonsumsi jumlah daging dan ikan yang tepat, serta produk susu dan telur.

Daging

Daging sapi atau kambing adalah sumber utama protein dan zat besi, dan tubuh membutuhkan jumlah protein di daging itu untuk mensuplai semua kebutuhan janin untuk pertumbuhan dan perkembangan ototnya yang tepat, serta zat besi pada daging berguna untuk melindungi janin dari risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Kacang-kacangan

Jika kalian menganggap kecang tidak perlu untuk ibu hamil, maka buanglah anggapan itu sekarang. Karena kacang-kacangan mengandung berbagai jenis lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh, selain serat dan protein serta berbagai vitamin dan mineral. Unsur-unsur ini membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf janin, dan vitamin E, yang ditemukan dalam kacang tanah pada tingkat tinggi dan melindungi sel-sel sel otak janin dari infeksi, penting untuk memilih kacang panggang dan tawar.

Kentang

Tubuh mengubah beta-karoten dalam kentang menjadi vitamin A, yang membantu mengembangkan sistem saraf pusat janin dan mengembangkan mata, tulang, dan kulit. Kentang juga mengandung persentase kalium yang tinggi lebih dari pisang maupun vitamin C, zat besi dan tembaga.

Oat

Mengonsumsi biji-bijian utuh dan protein di pagi hari membuat Anda tetap aktif sepanjang hari. Disebabkan oat mengandung serat, protein, dan vitamin B6, yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan sel-sel janin. Satu porsi oatmeal bisa memberi ketubuh kamu sekitar 15% dari jumlah kalori harian.

BACA JUGA:  15 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

Selain memastikan bahwa semua makanan mengandung nutrisi sudah dikonsumsi, kalian juga harus khawatir tentang mendistribusikan makanan untuk ibu hamil untuk memastikan mereka tidak menderita keasaman atau kembung, terutama selama bulan terakhir ketika ibu mau melahirkan.

  • Makan dan bagilah semua daftar makanan diatas menjadi 5 atau 6 kali jadwal makan selama sehari.
  • Jangan hanya makan salah satu dari daftar diatas, melainkan diimbangi.
  • Minumlah banyak air putih setidaknya 2 liter sehari.
  • Minumlah suplemen sesuai dengan saran dokter Anda.

Hendaklah kita selalu merencanakan program kehamilan dengan matang untuk menghindari berbagai problem kedepannya. Daftar makanan sehat untuk ibu hamil dan janin diatas bisa saja tidak sesuai dengan Anda disebabkan karena alegri atau hal lainnya, oleh karena itu direkomendasikan bertanya dulu kepada dokter sebelum membuat daftar makanan penting untuk kesehatan janin. Makanan diatas bisa dikreasikan menjadi berbagai macam resep yang sesuai dengan lidah kamu, Sehingga terhindar dari rasa bosan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *