makanan sehat untuk kulit berminyak dan berjerawat

6 Makanan Sehat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Diposting pada

Diet dengan pola hidup sehat sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah dengan kulit yang berminyak dan berjerawat. Dimulai dari memilih makanan sehat untuk kulit berminyak dan berjerawat saja yang masuk pada tubuh kita.

Makanan sehat untuk kulit yang banyak mengandung antioksidan dan rendah lemak akan memberikan dampak positif pada wajah yang berminyak dan berjerawat. 

Diet sehat artinya memakan banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang akan menyuplai vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat. Beberapa vitamin ditemukan pada makanan mampu menstimulasi kulit wajah dan membantu pembentukan sel-sel baru.

Vitamin-vitamin yang fokus sebagai antioksidan tersebut yaitu:

a. Vitamin C. Merupakan vitamin yang esensial untuk pembentukan kolagen yang mendukung mekanisme pembentukan kulit. Vitamin ini juga akan membuat warna kulit dan tekstur kulit wajah semakin baik. Vitamin C banyak ditemukan di sayuran berdaun hijau dan buah-buahan.

b. Vitamin A. Berperan dalam mengatur pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Vitamin A banyak ditemukan di wortel, ikan, bayam, dan telur.

c. Vitamin E. Memberikan kekuatan padajaringan otot dan membantu perkembangan kulit. Vitamin E membantu kulit mempertahankan elastisitasnya.

Makanan Sehat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang dianjurkan bagi orang yang berjenis kulit berminyak dan berjerawat.

1. Makanan yang Berserat Tinggi

Gangguan pada sistem pencernaan adalah salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk mencegah masalah pada sistem pencernaan, solusinya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat untuk meningkatkan kinerja pencernaan dan mengatur gerakan usus yang bisa mencegah konstipasi serta meminimalkan munculnya jerawat.

Makanan yang berserat termasuk makanan yang sehat untuk kulit akan membantu pengeluaran toksin dalam tubuh dan membantu menyerap nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi juga akan membantu seseorang dalam mengatur pola makannya karena makanan yang kaya serat akan memberi efek mengenyangkan lebih lama.

Makanan yang berserat ini juga akan meningkatkan perkembangan kulit wajah dan termasuk jenis makanan untuk memutihkan kulit.

Sangat BermanfaatNetral
BayamJagung
WortelNasi Merah
SawiCabai
BrokoliGanggang Laut
JerukLobak

2. Mentimun

Timun merupakan antioksidan yang paling baik dan dapat membantu proses hidrasi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan timun terbuat dari 95% air yang mampu mengeliminasi toksin dengan mengeluarkannya dari tubuh kita. Cara mengonsumsi timun paling baik adalah dengan mengonsumsinya secara mentah. Timun cocok sebagai makanan yang sehat untuk kulit.

BACA JUGA:  9 Penyebab Sariawan di Lidah

3. Air putih

Minum air putih sebanyak 1,5 liter perhari adalah hal wajib untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Konsumsi air putih ini sumber hidrasi utama di dalam tubuh dan akan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Mengganti minuman kalengan, minuman bersoda dan minuman yang mengandung gula dengan air putih akan memberikan efek yang luar biasa bagi orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Hasil perubahan ini dapat dilihat kurang dari satu bulan. Air putih secara sederhana dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh kita.

4. Asam Lemak Omega 3

Makanan yang di dalamnya terdapat minyak banyak mengandung asam lemak omega 6 yang tidak baik bagi tubuh kita. Sedangkan asam lemak omega 3 justru baik dikonsumsi karena rendah lemak dan tidak mengandung lemak jahat pada tubuh dan ini direkomendasikan sebagai
makanan untuk memutihkan kulit.

Makanan sehat yang kaya akan lemak Omega 3 sangat penting bagi kesehatan kulit. Omega 3 adalah lemak sehat, seseorang yang kekurangan zat ini akan mengalami kulit kering dan rentan terhadap jerawat.

Namun, kulit yang kering dan kusam dapat berubah menjadi lebih bersinar dengan asupan lemak Omega 3 yang cukup.

Sangat BermanfaatNetral
SalmonKerang abalone
Ikan codIkan rosefish
Ikan sardenIkan mas
Ikan makarelIkan lele
Ikan salemIkan tuna

5. Makanan Sehat Tinggi Antioksidan

Selain makanan yang berserat, antioksidan adalah nutrisi yang penting untuk mengatasi masalah pada wajah yang memiliki masalah dengan minyak dan jerawat. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah radikal bebas perusak kulit.

Likopen adalah jenis antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga dan merawat wajah agar tetap sehat dan awet muda.

Sangat BermanfaatNetral
AnggurPersik
PlumMangga
ApelMelon
BluberiRasberi
JerukNanas

6. Makanan Kaya Seng

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit salah satunya kaya akan seng merupakan salah satu cara jitu untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Makanan tersebut diantaranya adalah kacang tanah, daging sapi rendah lemak, daging domba, dan biji labu panggang. Baca 15 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:  6 Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Penyebab Kulit Berminyak Berlebihan dan Berjerawat

Penyebab Kulit Berminyak Berlebihan dan Berjerawat

Secara umum, tubuh kita menghasilkan minyak untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Hanya saja jika produksi berlebihan justru bisa memicu berbagai masalah kulit. Jika kelebihan minyak menyumbat pori-pori dan bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, itu bisa menyebabkan jerawat dan komedo di kemudian hari.

Selain itu, kita harus menggunakan produk perawatan wajah yang tepat, kita juga harus menghindari sejumlah penyebab kulit mudah berminyak.

Lingkungan

Perubahan lingkungan juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Dalam cuaca basah, kulit bisa menjadi mudah berkeringat dan berminyak. Kita harus membersihkan wajah kita lebih teratur dan menggunakan produk untuk mengobati kelebihan minyak.

Hormon

Kelebihan hormon dihidrotestosteron (DHT) dapat menyebabkan kelenjar memproduksi sebum. Kulit berminyak juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Pada wanita, selama pra-menopause dan selama kehamilan, kulit wajahnya bisa lebih mudah berminyak daripada biasanya.

Kosmetik Berlebihan

Terlalu sering melakukan eksfoliasi, mencuci muka dan menggosok dapat merusak kulit. Penggunaan kosmetik atau makeup yang berlebihan juga bisa membuat kulit terlihat lebih berminyak.

Stres

Ketika stres bukan hanya kondisi tubuh yang akan terganggu, kulit pun menghadirkan masalah. Dalam kasus stres, kulit akan menghasilkan hormon androgenik berlebih yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Jadi menjaga kesehatan mental juga sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Pola Makan

Kurangi konsumsi makanan berlemak dan pedas, makanan cepat saji, produk olahan dan produk manis agar kulit tidak mudah berminyak. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan seperti mentimun, jeruk dan alpukat, serta aneka sayuran dan ikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Kiat Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang sangat sensitif terhadap jerawat. “Nasib” atau gaya hidup sudah pasti menyebabkan fenomena ini, tetapi kulit berminyak dan jerawat tidak akan menjadi hambatan bagi kecantikan dan kesehatan jika dilakukan dengan tepat.

BACA JUGA:  Diet Golongan Darah AB Paling Efektif dan Aman

Pilih produk pembersih yang tepat

Apakah Anda memiliki kulit berminyak dan sering membersihkan wajah? Hilangkan pikiran itu dari Anda. Ini sebenarnya akan membuat kelenjar sebaceous meningkatkan produksi minyak pada kulit.

Solusinya adalah membersihkan wajah Anda secara teratur pagi dan sore hari. Gunakan bahan pembersih yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat untuk hasil yang optimal.

Sabun Cuci Muka

Pilih sabun yang lembut untuk wajah, karena sabun yang keras dapat memicu produksi minyak yang berlebihan. Cara paling efektif untuk merawat kulit berminyak adalah mencucinya dua kali sehari, pagi dan malam.

Gosok sabun pada wajah dan gosok dengan lembut. Hindari menggosoknya terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit. Bilas dengan air hangat atau hangat. Anda bisa menggunakan sabun wajah untuk semua jenis kulit.

Toner

Lanjutkan menggunakan toner setelah membersihkan wajah Anda. Sama seperti produk pembersih, gunakan toner yang mengandung asam salisilat, karena sangat efektif menghilangkan sel kulit mati, menetralkan pH, menghilangkan penghalang pori dan mencegah peradangan kulit.

Pelembap kulit

Memiliki kulit berminyak tidak berarti Anda dapat meninggalkan pelembab, karena akan memiliki efek yang sama dengan membersihkan wajah Anda terlalu sering, yang akan meningkatkan produksi sebum pada kulit. Karena itu, selalu gunakan pelembab untuk penggunaan sehari-hari.

Pilih bahan yang tidak komedogenik atau bebas minyak untuk hasil yang optimal.

Retinol

Produk ajaib ini, berasal dari vitamin A, sangat disarankan untuk digunakan di malam hari, kapan pun Anda ingin tidur. Retinol tidak hanya mampu mengurangi pori-pori kulit, tetapi juga membantu mengurangi produksi minyak, meringankan kulit, mengurangi kerutan halus dan melembutkan kulit.

Tabir surya

Apa pun jenis kulit Anda, menerapkan tabir surya adalah suatu keharusan, terutama ketika Anda aktif di bawah sinar matahari. Untuk menghindari kulit berminyak, pilih gel tabir surya dan berlabel tanpa minyak.

Penutup

Mulailah dengan hidup sehat dan disiplin dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk kulit berminyak dan berjerawat, karena kulit yang mulus  tidak didapatkan dengan cara asal-asal. Butuh kerja keras agar bisa mendapatkan kulit bersih dan mulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *