Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil, Jangan Salah Beli

Diposting pada

Perubahan hormon selama kehamilan sering menyebabkan masalah kulit. Gangguan kulit yang dialami ibu hamil dari pigmentasi, komedo dan garis-garis halus muncul di perut, jerawat, stretch mark. Maka dibutuhkan kosmetik yang aman untuk ibu hamil untuk mengatasinya.

Untuk meminimalkan dampak perubahan kondisi kulit pada ibu hamil, sejumlah upaya telah dilakukan. Termasuk penggunaan produk kosmetik tertentu. Jangan sembarangan memilih kosmetik, pilihlah yang aman untuk ibu hamil.

Bagaimana memilih kosmetik dan produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil dan menyusui? Ismiralda Oke Putranti, spesialis kulit dan kelamin, juga seorang dosen di Departemen Kesehatan Kulit dan Seksual di Universitas Jenderal Sudirman di Purwokerto, Jawa Tengah.

Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil dan menyusui mengalami perubahan hormon yang membuat kulit lebih sensitif. Berikut adalah beberapa panduan untuk memilih bahan kosmetik yang aman untuk ibu hamil:

  • Pemakaian pelembab. Pelembab adalah produk wajib untuk ibu hamil dan menyusui. Mereka membantu menjaga kadar air di kulit, mengurangi risiko stretch mark. Stretch mark ini muncul ketika volume otot, lemak dan berat janin meningkat. Selain itu, pelembab juga bisa mengurangi risiko iritasi pada kulit yang terlalu sensitif atau mudah terinfeksi.
  • Tabir surya. Tabir surya juga merupakan produk wajib untuk ibu hamil dan menyusui, karena selama kehamilan, kulit biasanya memiliki pigmentasi, terutama di wajah. Ini menghasilkan bintik-bintik melasma atau bintik-bintik gelap.
  • Gunakan produk sesuai kebutuhan. Peningkatan kadar hormon selama kehamilan akan mempengaruhi peningkatan aliran darah dan sistem kekebalan tubuh, termasuk kulit. Ini memiliki efek bahwa kulit ibu hamil cenderung lebih sensitif, mudah iritasi dan mudah terinfeksi. Karena itu, penggunaan produk kosmetik atau perawatan kulit harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Penggunaan produk yang berlebihan juga akan memperburuk iritasi dan bahkan meningkatkan risiko reaksi alergi.

Merek Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Kebahagiaan seorang wanita ketika tahu dia hamil tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan apa pun. Namun, ada kekhawatiran karena ibu ingin memiliki janin yang sehat. Penggunaan kosmetik dapat membahayakan janin karena kandungannya yang berbahaya.

BACA JUGA:  3 Cara Agar Kulit Putih Alami (tanpa efek samping)

Jika Anda adalah salah satu calon ibu, Anda harus terlebih dahulu melakukan berbagai penelitian untuk menemukan merek yang aman. Berikut ini merek kosmetik yang terbukti aman untuk ibu hamil.

Wardah

Setelah lulus tes, Wardah dianggap sebagai produk kosmetik halal lokal. Wardah adalah salah satu merek kosmetik lokal yang menerima label halal dari Majelis Ulama Indonesia. Kosmetik Wardah telah lulus tes ketat dan telah diuji untuk bahan-bahan non-halal dan tidak aman, seperti kolagen dari babi, sapi dan organ manusia, cairan ketuban dan plasenta. Bahkan merek ini telah menerima penghargaan dari Halal Council International Award sebagai pelopor tata rias halal di dunia.

Selain itu, keunggulan produk Wardah terletak pada tidak adanya komposisi berbahaya. Juga telah terbukti bahwa banyak wanita hamil dan bahkan menyusui tidak berdampak pada penggunaan produk Wardah. Wardah tidak mengikat bahan retinol a, paraben, ftalat, benzoil peroksida dan merkuri.

Label Wardah juga aman karena telah terdaftar di BPOM. Yang berarti produk tersebut telah diuji sehingga tidak mengandung formula kimia berbahaya. Label dengan buffer BPOM juga berisi informasi yang jelas tentang produksi, periode pembuatan, komposisi, dan tanggal kedaluwarsa.

Burt’s and Bees

Berasal dari Amerika, Burt’s and Bees telah direkomendasikan oleh para ahli untuk wanita hamil. Bahkan, produk kosmetik ini menggunakan bahan-bahan alami langsung dari alam dan menjamin untuk tidak mengikat paraben, petrokimia atau bahan sintetis lainnya.

Terkenal dengan produk bibirnya, Burt’s and Bees menawarkan beragam warna lipstik dari berbagai jenis mulai dari lip balm hingga lip gloss. Burt’s and Bees juga telah merilis koleksi Mama Bee untuk wanita hamil, selain hal baru untuk bibir dan produk kulit bayi. Ada body butter untuk kulit perut ibu hamil dan minyak tubuh untuk merawat kulit ibu hamil.

Mineral Botanica

Produk dari tanah air akhir-akhir ini memang cukup menarik. Selain sejumlah produk lokal yang banyak digunakan bahkan oleh komunitas selebriti, Mineral Botanica juga menjadi pusat perhatian belakangan ini karena konten bebas parabennya.

BACA JUGA:  Cara Merawat Kuku Panjang Yang Efektif

Lihat saja produk lipstik yang ditulis jelas dan bening tanpa parabanos atau paraben. Beberapa ibu hamil juga mengakui bahwa sabun muka, body lotion dan eyeliner aman untuk digunakan.

The Body Shop

Selalu mempromosikan merek sebagai salah satu yang membawa sifat alami pada setiap produk, The Body Shop seharusnya merupakan merek yang aman untuk ibu hamil. Bahkan, banyak ibu  hamil segera meminta beberapa sumber tentang keamanan mereka untuk digunakan selama kehamilan dan respons mereka positif.

Salah satu produk yang diuji adalah British Rose Body Essence, body lotion dengan esensi mawar. Begitu pula dengan produk parfum yang diamati tidak memberi pengaruh buruk pada tubuh ibu hamil.

Emina

Seperti produk sebelumnya, Emina juga menawarkan kosmetik yang aman untuk wanita hamil. Selain aman, Emina juga memiliki produk yang mudah digunakan. Misalnya, Emina Eye Do! Krayon Eyeliner. Tentu saja, teksturnya yang creamy dan anti air sangat diperlukan bagi wanita hamil yang masih aktif di luar rumah sehingga mereka bisa menggunakan eyeliner. Produk ini juga dikenal karena kepraktisannya ketika diterapkan. Sangat mudah digunakan

Dear Me

Beberapa label lipstik lokal telah meluncurkan produk tanpa paraben, salah satunya adalah Dear Me. Di klaim sebagai lipstik yang aman untuk ibu hamil. Penggunaan paraben pada kulit wanita sangat berbahaya karena dapat mengubah kadar hormon dan risiko kanker karena penggunaan yang berlebihan.

Baca juga : Cara Membuat Wajah Cerah

Ada 8 warna yang indah dalam koleksi Lip Cream Dear Me Matte ini. Oh ya, selain tidak mengandung paraben, lip balm Dear Me Matte juga tidak mengandung sulfat dan alkohol.

Avene

Kulit wajah yang mengering merupakan masalah bagi ibu hamil. Untuk itu, selain menambahkan pelembab atau mengganti pelembab seperlunya, merupakan ide bagus untuk selalu menyiapkan semprotan air untuk membantu mendinginkan kulit dalam sekejap.

Semprotan air wajah seperti Avene aman untuk ibu hamil karena terbuat dari air pH netral dan nitrogen tambahan yang tidak berbahaya bagi janin. Air panas Avene berfungsi untuk menenangkan, menyegarkan, dan membantu memberikan lebih banyak hidrasi pada kulit wajah.

BACA JUGA:  3 Tips Alami Mengatasi dan Mencegah Ketombe

Bahan Kosmetik yang harus dihindari ketika lagi hamil

Bagi wanita hamil yang sedang menunggu kelahiran bayi, salah satu kekhawatirannya saat ini adalah penggunaan kosmetik dan perawatan kulit selama kehamilan, baik atau tidak bagi kesehatan janin. Karena, meski tidak dikonsumsi secara di dalam tubuh, tetapi bahan kimia yang terkandung dalam produk yang Anda gunakan sehari-hari, seperti produk perawatan kulit, pasti akan berdampak pada kehamilan dan perkembangan bayi. Maka dari itu saya merangkum bahan kosmetik yang harus dihindari selama kehamilan.

Beta hydroxy acids

Kandungan BHA atau yang biasa disebut asam salisilat, asam 3-hidroksipropionik, asam tretocanic atau asam tropik harus dihindari jika tidak diperlukan dalam kondisi darurat. Karena, bahan ini juga berisiko menghambat perkembangan janin.

Hydroquinone

Kandungan pemutih yang biasa digunakan untuk mengobati kondisi chloasma dan melasma harus dihindari selama kehamilan sampai menyusui, karena penelitian menunjukkan bahwa 45 persen dari produk ini akan diserap ke dalam kulit setelah penggunaan topikal.

Meskipun belum ada penelitian yang menetapkan efek negatif yang tepat, yang terbaik adalah berhenti menggunakan produk ini terlebih dahulu karena akan ada banyak bahan kimia dalam aliran darah selama penggunaan produk ini.

Amoniak

Amonia, yang ditemukan dalam formula untuk mewarnai rambut, dapat dengan mudah mengiritasi kulit dan menghirup paru-paru, jadi sebaiknya hindari penggunaannya selama kehamilan.

Dari serangkaian panduan membeli kosmetik, rekomendasi merek kosmetik aman untuk ibu hamil, dan terakhir bahan yang harus dihindari, Anda harus benar-benar menghindari dan berhenti menggunakan produk yang mengandung retinoid, BHA, dan bahan-bahan yang umumnya ditemukan dalam cat kuku. Karena telah terbukti bahwa memiliki efek negatif pada kehamilan Anda. Yang pasti, jangan lupa tanyakan kepada dokter kandungan Anda produk apa yang bisa Anda gunakan selama kehamilan.