Efek Samping Daun Sirsak

Efek Samping Daun Sirsak Yang Tidak Kamu Sangka

Diposting pada

Saat ini, kecenderungan untuk menggunakan obat-obatan herbal semakin meningkat di masyarakat. Orang beranggapan bahwa obat herbal sudah pasti tentu karena itu alami. Apakah ini benar? Tentu saja tidak.

Bagaimanapun, tanaman memiliki beberapa kandungan kimia yang dapat memiliki efek samping pada manusia yang mengkonsumsinya.

Artikel ini akan membahas risiko yang terkait dengan penggunaan obat-obatan herbal yang tepat, dalam hal ini efek samping daun sirsak.

Di media sosial, kami banyak mendengar tentang efek antikanker daun sirsak. Banyak orang mencoba tanpa mengetahui efeknya. Tanpa dosis yang jelas, rebusan sirsak dapat menyebabkan keracunan.

Penggunaan bahan alami atau herbal sering dianggap tidak berbahaya. Bahkan jika ramuan yang terkandung dalam ramuan herbal, bahkan pada tingkat tertentu, dapat membahayakan kesehatan.

Dalam bahan alami, tanaman mengandung berbagai zat. Semua zat ini tidak memiliki efek menguntungkan pada pasien. Penggunaan bahan-bahan alami secara acak dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Sekilas daun sirsak

Sirsak (Annona muricata L.) adalah tanaman asli yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak telah dipelajari sejak tahun 1940-an, semua bagian tanaman sirsak dapat digunakan untuk pengobatan.

Konten fitokimia tanaman ini adalah acetogenin, alkaloid, kuinolin, isokuinolin, tanin, kumarin, procyanidin, flavonoid, amil caproicate.

Senyawa bioaktif yang berasal dari tanaman dengan acetogenin cortex yang telah lama dipelajari dan terbukti sebagai antikanker. Mereka juga antiparasit, insektisida, antikanker, antibakteri, dan antivirus.

Menurut beberapa penelitian, diketahui bahwa ekstrak daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada hewan laboratorium.

Dalam beberapa penelitian sampel yang digunakan juga tidak dalam bentuk rebusan sirsak, tetapi dalam bentuk ekstrak atau rebusan sirsak standar, atau mungkin dalam bentuk tablet dengan standar.

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa ekstrak daun sirsak memiliki efek antikanker, tetapi perlu dicatat bahwa sejauh ini, belum ada efek antikanker daun sirsak pada manusia.

Sirsak juga dikenal sebagai pestisida alami yang mengikuti tes aktivitas biologis yang mengungkapkan bahwa prinsip aktif asetogenin yang berasal dari tanaman ini memiliki berbagai pengaruh: toksik bagi sel, aktivitas anti tumor, antimikroba, antimalaria, anti-makanan, dan pestisida.

BACA JUGA:  3 Cara Menyuburkan dan Mengkilapkan Rambut

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa efek samping dari daun sirsak. Penting bagi Anda untuk mengetahui efek samping daun sirsak sebelum menggunakan daun sirsak. Jadi, Anda bisa menghindari efek samping ini.

Apa manfaat daun sirsak?

Daging buah, biji dan daun sirsak biasanya digunakan untuk mengobati masalah perut, meredakan demam dan sering digunakan sebagai obat penenang. Namun, yang paling terkenal adalah khasiat obat daun sirsak.

Dalam prosesnya, daun sirsak akan diekstraksi dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis.

  • Ekstrak daun sirsak diketahui mengandung zat yang bisa melawan radang sendi dengan efek menghilangkan pembengkakan setelah dua minggu pemberian.
  • Ekstrak daun sirsak juga digunakan untuk meredakan demam dan kejang-kejang. Satu studi juga menyarankan bahwa senyawa bioaktif ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai obat antikonvulsan.
  • Ekstrak daun sirsak juga dilaporkan kaya akan antioksidan. Antioksidan ini terdiri dari enzim antioksidan, termasuk katalase dan superoksida dismutase, serta antioksidan nonenzim (vitamin C dan vitamin E).

Pengobatan daun sirsak

Pengobatan daun sirsak yang digunakan sebagai obat umumnya dilakukan dalam bentuk “teh”. Ada juga daun sirsak yang ditransformasikan menjadi ekstrak dalam bentuk kapsul. Obat untuk Kapsul Sirsak biasanya dapat diperoleh dengan membeli di toko.

Baca juga : Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Paling Ampuh

Membuat “teh” daun sirsak adalah cara mengkonsumsi obat yang lebih tradisional. Anda mungkin berpikir bahwa teh sirsak sama dengan air teh pada umumnya.

Teh sirsak tidak menggunakan teh sama sekali. Penggunaan kata “teh” di sini lebih berorientasi pada cara membuat teh.

Efek samping daun sirsak bagi tubuh

Selain manfaatnya, Anda juga harus tahu efek samping daun sirsak. Sirsak memiliki beberapa efek samping pada tubuh. Efek samping ini dapat terjadi jika Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan.

Beberapa efek samping daun sirsak pada tubuh adalah:

Menyebabkan infeksi dalam tubuh

Konsumsi daun sirsak jangka panjang baik dalam bentuk teh maupun kapsul dapat menyebabkan infeksi pada tubuh. Infeksi ini dapat terjadi dengan cukup cepat. Karena itu, jangan mengonsumsi daun sirsak dalam jangka panjang.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Terjadinya Mual dan muntah

Jika Anda mengonsumsi teh sirsak dalam jumlah sangat besar dalam bentuk air matang, Anda mungkin langsung merasa sakit. Perasaan mual ini sering menyebabkan Anda muntah isi perut Anda.

Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan Anda.

Dapat membentuk kristal di ginjal

Efek samping sirsak dapat menyebabkan kejenuhan air seni. Urin jenuh pada akhirnya akan membentuk kristal di ginjal. Ini juga memicu pembentukan batu ginjal, yang sering mengakibatkan disuria atau kesulitan buang air kecil.

Karena itu, konsumsi teh sirsak harus dikombinasikan dengan ramuan diuretik lainnya. Herbal yang bersifat diuretik mampu mengeluarkan urin sehingga tidak jenuh. Beberapa ramuan ini adalah jintan, adas dan daun sembung.

Dapat menyebabkan diare

Daun sirsak yang baik dalam bentuk air matang bisa menyebabkan diare. Air rebusan daun sirsak bisa membuat pup Anda menjadi encer dan berair. Efek samping sirsak tidak boleh diremehkan.

Tubuh Anda mungkin menjadi lemah karena akan kehabisan cairan. Jika Anda merasa seperti ini, minumlah lebih banyak air. Jika Anda masih lemah, segeralah pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat agar dehidrasi dapat diatasi dengan cepat.

Memiliki masalah uterus

Mengkonsumsi sirsak yang berlebihan dapat menyebabkan masalah rahim. Jumlah sirsak yang berlebihan akan menyebabkan dinding rahim berkontraksi.

Ini bisa berakibat fatal bagi wanita hamil yang merencanakan kehamilan karena hal ini meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

Jumlah keringat yang Meningkat

Efek samping sirsak dapat meningkatkan produksi keringat. Jumlah keringat akan berlebih jika Anda mengonsumsi daun sirsak berlebih. Sirsak akan meningkatkan suhu tubuh karena mereka merangsang luka bakar di tubuh.

Peningkatan suhu tubuh akan membuat tubuh Anda panas dan pada akhirnya akan banyak berkeringat tanpa Anda sadari. Sebaiknya gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal agar tidak menambah jumlah keringat.

BACA JUGA:  Mata Kedutan Sebelah Kiri Mengapa Bisa Terjadi?

Selain itu, gunakan kipas angin atau AC agar keringat bisa cepat kering. Jika keringat masih melimpah selama beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter.

Menyebabkan masalah jantung

Daun sirsak dapat memiliki efek samping serius yang dapat menyebabkan masalah jantung. Konsumsi berlebihan daun sirsak dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular Anda, yang dapat menyebabkan masalah atau masalah jantung. Karena itu, pasien jantung jangan mengonsumsi daun sirsak.

Menyebabkan masalah dan gerakan neurologis

Efek samping sirsak dapat menyebabkan gangguan neurologis. Gangguan neurologis ini juga dapat berkembang selama gangguan gerak. Ini termasuk efek samping serius dari daun sirsak.

Hilangkan efek antidepresan

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan antidepresan karena Anda mengalami depresi, Anda harus berhati-hati ketika konsumsi daun sirsak.

Sebab, efek samping sirsak dapat menghilangkan efek antidepresan yang Anda konsumsi.

Perawatan masalah depresi yang menjadi masalah Anda menjadi sulit dan gagal bahkan karena konsumsi daun sirsak. Jadi, jika Anda mengonsumsi antidepresan, sebaiknya Anda tidak sedang konsumsi daun sirsak.

Menurunkan tekanan darah

Daun sirsak sangat tidak tepat atau kontraindikasi bagi Anda yang menderita tekanan darah rendah. Dapat melebarnya pembuluh darah sehingga tekanan darah berkurang, ini disebabkan efek daun sirsak.

Jika Anda memiliki tekanan darah rendah, makan sirsak dapat memperburuk tekanan darah rendah Anda. Anda bisa menjadi lemah dan lesu dan bahkan pingsan.

Karena itu, pastikan tekanan darah Anda dalam kisaran normal sebelum mengonsumsi daun sirsak.

Meningkatkan risiko penyakit Parkinson

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia yang ditemukan pada pasien dengan penyakit parkinson juga ditemukan pada daun sirsak.

Mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan dan dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko penyakit parkinson.

Bahkan orang dengan penyakit parkinson seharusnya tidak mengkonsumsi daun sirsak karena efek samping daun sirsak sangat buruk terhadap penyakit parkinson. Ini dapat memperburuk kondisi pasien dengan penyakit parkinson.

Karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi daun sirsak untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan.