Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Diposting pada

Tentu saja, ini membuatnya tidak nyaman, bahkan sebagian besar bayi akan sulit dalam kondisi ini. Hidung tersumbat membuat bayi sulit bernapas, yang bahkan mengurangi nafsu makannya.

Biasanya, kondisi ini tidak mengkhawatirkan dan akan sembuh sendiri nantinya. Namun, jika anak tidak mau makan, itu pasti akan membuat Anda cemas. Jadi Anda bisa melakukan sejumlah hal untuk mengobati hidung tersumbat pada bayi Anda.

Seperti orang dewasa, bayi juga akan rentan terhadap pilek yang akan menyumbat hidung mereka. Bahkan orang dewasa pun tidak nyaman dengan hidung tersumbat, terutama jika itu terjadi pada bayi. Bagi orang tua baru, ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran.

Tentu saja ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Silakan merujuk ke beberapa cara di bawah ini.

Upaya Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

1. Gunakan obat semprot pada hidung bayi

Saline adalah semprotan hidung yang aman untuk bayi, balita, dan anak-anak. Obat ini bekerja dengan mengurangi produksi lendir yang menyumbat hidung.

Agar anak Anda merasa nyaman, gunakan obat ini ketika berbaring. Kemudian, pegang kepala anak dengan lembut dan semprotkan obat 2-3 kali melalui lubang hidung anak.

Selain semprotan saline, Anda juga bisa menggunakan tetes saline untuk mengurangi lendir dan mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Jangkau bayi dan sandarkan kepalanya. Lalu, teteskan obat 2-3 kali ke dalam setiap lubang hidung dan tunggu 60 detik. Biasanya, setelah itu, lendir keluar dan bayi bersin atau batuk.

2. Bulb syringe untuk menyedot lendir pada hidung bayi

Anda dapat menggunakan Bulb syringe bayi jika lendir tidak keluar setelah menggunakan tetes atau semprotan.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi menggunakan bulb syringe, sangat cocok untuk bayi di bawah 6 bulan. Jadi, setelah menggunakan tetes, agar lendir keluar dengan cepat, Anda bisa menyedotnya dengan alat ini.

Dengan cara ini, ingus akan tersedot ke dalam perangkat dan melepaskan hidung tersumbat anak Anda.

Baca juga : Diet Golongan Darah AB Paling Efektif dan Aman

3. Bersihkan ingus yang keluar dibawah hidung bayi

Karena banyaknya ingus di hidung bayi, lendir akan keluar dan menempel pada area di luar hidung. Jika tidak dibersihkan, lendir akan mengeras dan membuat bayi lebih sulit bernapas.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membersihkan ingus di bagian luar hidung dengan sapu tangan atau kapas yang dibasahi dengan air hangat. Ini bisa membuat ingus yang sudah keras menjadi mudah untuk membersihkannya.

4. Gunakan mesin pelembap udara

Menggunakan pelembap udara akan menjadikan udara di dalam ruangan menjadi hangat dan lembap, dan supaya lendir tidak mengeras di hidung bayi. Asap dan kabut uap akan menghilangkan debu di udara, yang menyebabkan bayi terserang flu. Selain itu, penguapan di kamar bayi juga akan menghasilkan efek yang tenang, sehingga tidur bayi akan menjadi lebih tenang.

5. Lebih sering Berjemur di Pagi Hari

Anda bisa mencoba menangguhkan bayi di pagi hari saat matahari masih terik apalagi bayi yang baru lahiran.Cukup 10-15 menit saja, untuk menghindari bayi kuning. Biasanya bayi Anda akan mulai menguning sekitar 24 jam setelah lahir sampai empat hari, kemudian membaik setelah sekitar satu minggu.

Hadapkan dada dan wajah bayi ke matahari, tapi tutup matanya dengan penutup mata atau kacamata. Kemudian dengan lembut tepuk punggung bayi itu. Beberapa bayi mungkin menangis tetapi itu tidak apa-apa karena akan ada banyak lendir yang keluar dari hidung bayi.

Alternatif Obat Pilek untuk Bayi yang Aman

Ketika bayi pilek atau flu, orang tua biasanya panik. Bukan hanya sibuk menenangkan si kecil karena pilek, tetapi Anda juga bisa bingung menentukan jenis obat apa yang aman untuk mengobati hidung tersumbat pada bayi. Hati-hati, penyalahgunaan obat bisa memengaruhi kesehatan bayi Anda, lho! Jadi, apa obat pilek yang efektif untuk bayi? Lihatlah ulasan lengkapnya di bawah ini.

Paracetamol

itu harus diberikan hanya kepada bayi usia tiga bulan dan lebih tua untuk meringankan gejala demam dan pilek. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini.

Ibuprofen

itu harus diberikan hanya kepada bayi usia enam bulan dan lebih tua untuk mengurangi gejala demam, pilek dan rasa sakit di tubuh anak. Sekali lagi, konsultasikan dengan dokter Anda tentang dosis yang tepat untuk bayi.

Saline

Saline adalah larutan air asin yang digunakan untuk menghidrasi saluran udara dan melunakkan lendir. Setelah ingus melunak, berikan cairan pada hidung bayi dengan alat penyedot ingus. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan metode ini.

Hidung bayi seperti tersumbat tapi tidak pilek

Refleks pernapasan bayi tidak begitu baik, sehingga masih sulit untuk mengeluarkan lendir jika ada lendir di mulut atau di bayi. Saat menangis, produksi lendir akan meningkat untuk mengencangkan sumbatan di hidung, dan akhirnya, bayi akan lebih sulit bernapas.

Terkadang, karena sumbatan tersumbat, bayi bernafas dengan mulut, menyebabkan dengkuran suara. Penyumbatan tidak ada hubungannya dengan membersihkan saluran udara saat lahir. Harus diingat bahwa ketika bayi tidak dilahirkan, paru-paru janin dipenuhi dengan cairan, ketika bayi lahir menangis dan secara spontan cairan pada paru-paru keluar dan digantikan oleh udara.

Kadang-kadang lendir di paru-paru masih terdengar sedikit, tetapi itu hal yang normal. Saluran udara dibersihkan saat lahir hanya di sekitar mulut dan lubang hidung, bukan di paru-paru. Mungkin Anda harus berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan penyebab hidung tersumbat pada bayi tersebut.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star