best website stats

3 Tips Alami Mengatasi dan Mencegah Ketombe

Meski sampo anti dandruff atau antiketombe sudah banyak beredar, tetapi masih banyak pula orang yang menggunakan cara alami mengatasi dan mencegah ketombe, yaitu dengan menggunakan tanaman lidah buaya dan mengkudu. Berikut ini tips yang bisa Anda perhatikan jika tertarik ingin mencoba mengatasi dan mencegah Ketombe.

3 Tips Alami Mengatasi dan Mencegah Ketombe

Mengatasi dan Mencegah Ketombe

Mengatasi Ketombe dengan Mengkudu dan Lidah Buaya

Siapkan 5 buah mengkudu yang sudab masak, kupas kulitnya, lalu campurkan dengan satu batang tanaman lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya. Setelah itu, haluskan kedua bahan tersebut dengan cara meremas remasnya. Ambil kain kasa atau penyaring teh, kemudian saringlah.

Gunakan air hasil saringan di atas untuk berkeramas dan usahakan sampai berbuih. Pijat-pijatlah seluruh bagian kulit kepala perlahan-lahan secara merata. Kemudian bilas sampai bersih. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal yaitu mengatasi dan mencegah ketombe.

Mengatasi Ketombe dengan Daun Pandan

Selain berkhasiat untuk menghìtamkan rambut, pandan wangi juga dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah ketombe. Karenanya, jika Anda punya masalah dengan ketombe, Anda juga bisa mencoba tip berikut ini.

Sediakan 7 lembar daun pandan wangi segar, dicuci bersih, kemudian giling sampai halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas-remas. Setelah itu peras dan saring airnya. Oleskan air saringan daun pandan tersebut ke seiuruh kulit kepala yang berketombe. Diamkan dan biarkan mengering, dan ulangi sekali lagi jika diperlukan.

Setelah didiamkan sekitar setengah sampai satu jam, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan setiap hari sampai kulit kepala Anda terbebas dari ketombe.

Mengatasi Ketombe dengan Minyak Zaitun

Jika Anda ingin mendapatkan tips lain dalam mengatasi dan mencegah ketombe Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Didunia perawatan kecantikan, minyak zaitun sudab terkenal sebagai salah satu sarana perawatan, sampai-sampai minyak satu ini disebut the liquid gold. Nah, cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi ketombe adalah sebagai berikut.

Campurkan minyak zaitun dengan beborapa mililiter sampo. Kemudian gunakan untuk berkeramas seperti biasa. Cara ini lebih efektif mengatasi ketombe dari pada hanya menggunakan sampo biasa.

Tips Alami Mencegah Ketombe

Meski pada masa sekarang telah ada sampo yang dapat digunakan sebagai pencegah ketombe, tetapi Anda juga bisa mencoba keampuhan resep alami berikut ini dalam hal mencegah ketombe. Tips alami mencegah ketombe ini menggunakan bangle, tanaman berbatang semu seperti jahe, yang tingginya mencapai 2,5 meter, dan termasuk tumbuhan berumpun. Jika tertarik untuk mencoba, berikut ini tipsnya

Sediakan 2 buah bangle, kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan tumbukan bangle tersebut ke kepala, layaknya sedang creambath. Setelah olesannya merata, pijatlah perlahan-lahan sampai menyeluruh, kemudian tutup kepala dengan handuk kecil. Biarkan sampai 30 menit.

Setelah itu, keramaslah sampai bersih dan bilas dengan baik dan bersih, hingga tidak ada yang tertinggal. Lakukan hal ini dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tips Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan ketombe gampang jika dilakukan dengan serius. Ketombe berasal dari penimbunan sel-sel kulit kepala yang mati, dan produksi minyak atau sebum, serta keringat dan kotoran yang menempel pada kulit kepala. Cuaca yang panas dan lembab seperti daerah iklim tropis yang kita tinggali, dapat memicu timbulnya ketombe. Selain itu, pemilihan sampo dan kondisioner yang tidak tepat juga bisa menyebabkan ketombe.

Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit kepala, atau keluarnya sisik atau bintik-bintik putih dan kulit kepala yang lepas dan mengotori baju. Untuk mendapatkan analisis yang tepat, tentu saja solusinya dengan menghubungi dokter untuk melihat kondisi kulit kepala secara lebih jelas dengan hair analiyzer sehinggal menghilangkan ketombe juga lebih mudah.

Jika dibiarkan, ketombe dapat mengakibatkan kerontokan rambut, dan kerontokan tersebut juga dapat memperparah ketombe. Karenanya, ketombe bisa merusak keindahan rambut Anda. Selain ini, kebanyakan orang mengatasi masalah menghilangkan ketombe dengan sampo yang mengandung anti dandruff treatment atau sampo perawatan khusus ketombe. Selain hal tersebut, sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe, yaitu dengan menggunakan cuka.

Caranya, gunakan cuka untak memijat kulit kepala, kemudian biarkan selama beberapa menit. Setelah itu dibilas sampai bersih. Lakukan hal ini beberapa kali, dan ketombe akan segera menghilang dari kepala dalam waktu kurang dari seminggu.

Selain cuka, Anda juga bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan air lemon untuk tujuan yang sama. Caranya, campurkan 8 sendok teh minyak kelapa dengan ½ sendok teh jus lemon. Gosokan pada rambut Anda, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas seperti biasa.

Yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe dalam hal ini fungsinya sebagai semacam kondisioner rambut. Cara menggunakannya, basahi rambut Anda, laku gunakan yoghurt untuk memijit kulit kepala, lalu biarkan selama 10 sampai 15 menit.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel diatas, tentunya kita harus lebih dalam merawat rambut, agar tidak timbul ketombe yang tentunya merepotkan. Demikian artikel 3 Tips Alami Mengatasi dan Mencegah Ketombe di website Danta Article. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply