olahraga-untuk-ibu-hamil

15 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Diposting pada

Jika Anda termasuk ibu hamil, tentunya kehamilan akan terasa berbeda. Manfaat olahraga untuk ibu hamil tentunya akan mempermudah beradaptasi dari tidak hamil menjadi hamil. Latihan yang dilakukan akan mengakibatkan paru-paru menghisap oksigen banyak sehingga darah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke pembuluh yang terkecil sekalipun.

Hal ini menjadikan pembakaran (metabolisme) menjadi optimal, termasuk sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, semakin tertib menjalankan manfaat olahraga untuk ibu hamil, berarti meminimalkan kemungkinan sakit ibu akan lebih sehat, dan hal ini sangat berpengaruh terhadap pasokan gizi ke janin yang ada dalam kandungannya.

Tubuh ibu hamil semakin lama akan beradaptasi sesuai perkembangan janin di dalam kandungannya. Semakin tua usia janin, semakin payah kondisi ibu. Jika tanpa diimbangi dengan olahraga, maka perubahan fisik ini akan memperparah keadaan.

Baca 6 Gaya Hidup Tidak Baik Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Ibu akan merasa semakin hari semakin lemah dan kepayahan. Namun jika berolahraga untuk ibu hamil, tubuh akan menyesuaikan dengan ‘tugas barunya’ sesuai dengan pemekaran tubuh yang dialami oleh ibu selama kehamilan berlangsung.

Ketahui beberapa manfaat olahraga untuk Ibu Hamil

 

1. Ibu lebih bugar dan sehat

Dengan berolahraga, oksigen akan lebih banyak terserap tubuh, dan toksin dalam tubuh pun terbuang. Dalam kondisi demikian, fungsi semua organ lebih optimal. Dengan kondisi yang bugar tentunya ibu  memiliki tingkat kesehatan jasmani yang cukup.

2. Janin lebih sehat

Dengan olahraga yang cukup pastinya tubuh ibu hamil akan sehat, sehingga cukup untuk mensuplai zat bagi janin.

3. Mencegah komplikasi kehamilan

Olahraga yang dilakukan selama niasa kehamilan, akan membantu ibu mengendalikan kadar gula darah sehingga ibu akan terhindar dari penyakit diabetes selama niasa kehamilan.

4. Mencegah obesitas pada bayi

Penyakit diabetes selama kehamilan merupakan salah satu komplikasi buruk semala kehamilan. Ibu yang mengidap penyakit ini akan melahirkan bayi yang besar. Dengan berolahraga, ibu akan memiliki kadar gula darah yang stabil sehingga akan terhindar dari obesitas. Secara tidak langsung, ibu pun terhindar dari mempunyai bayi dengan berat badan yang berlebih.

5. Mengurangi dampak negatif kehamilan

Olahraga membuat aliran darah lancar sehingga terbukti dapat mengurangi risiko negatif kehamilan, seperti sakit kepala, kelelahan, pembengkakan karena penimbunan cairan, sembelit, dan lain-lain.

6. Menurunkan stres

Mens sana incorpore sano. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Olahraga membuat tubuh bugar dan sehat. Hal ini sangat memengaruhi kondisi kejiwaan ibu hamil.

7. Mempersiapkan stamina sewaktu melahirkan

Olahraga yang dilakukan selama niasa kehamilan akan membentuk otot-otot semakin kuat. Dalam kondisi demikian, akan membuat persalinan akan lebih mudah dan cepat.

8. Kemungkinan berhasil melahirkan secara normal

Berkaitan dengan keterangan di atas, otot yang semakin kuat terbentuk ketika ibu hamil gemar melakukan olahraga, cenderung bisa melahirkan secara normal. Hal ini juga dipengaruhi dengan peningkatan stamina ibu hamil sehingga relatif lebih siap melahirkan secara.

9. Mencegah bayi lahir prematur

Menurut penelitian, olahraga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur hingga 50%.

10. Mempersingkat waktu kelahiran

Jika gemar berolahraga ibu hamil pasti memiliki stamina yang kuat. Tubuhnya terbiasa tertempa sehingga lebih mudah melewati fase kelahiran dengan tubuh yang penuh stamina. Stamina penuh dan tubuh yang bugar tentu ibu tidak ada kelelehan. Hal ini akan mempersingkat waktu melahirkan.

11. Pemulihan pasca persalinan

Stamina prima selalu dimiliki oleh ibu hamil yang melakukan olahraga sepanjang niasa kehamilannya. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap pemulihan kondisi setelah proses melahirkan. Ibu cenderung lebih mudah sembuh dan segera bugar setelah proses kelahiran yang sangat melelahkan.

12. Ibu lebih tangguh setelah melahirkan

Maksud tangguh disini, setelah melahirkan pastinya seorang ibu yang baru melahirkan akan memiliki tugas baru yaitu merawat bayi selama 24 jam. Kebiasaan berolahraga menyebabkan ibu lebih tangguh flsiknya sehingga tidak mudah mengalami kelelahan fisik ketika harus merawat bayi yang baru lahir yang membutuhkan perhatian yang ekstra ketat.

13. Mengurangi selulit

Dengan berolahraga tentunya ibu hamil memiliki berat badan yang bagus sehingga terhindar dari selulit yang mengintai para pengidap obesitas. Hal ini juga memengaruhi ketakutan para ibu setelah melahirkan atas guratan-guratan yang membekas pada beberapa bagian tubuhnya. Ketika seorang ibu hamil tidak mengalami obesitas, otomatis ibu tidak mempunyai guratan-guratan yang mengganggu pada tubuhnya.

14. Memperbaiki bentuk dan warna kulit

Manfaat olahraga untuk ibu hamil pada dasarnya membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga akan memperbaiki bentuk serta kulit. Wajar ibu hamil yang gemar berolahraga akan tampak lebih bersinar dan lebih sehat dan bugar.

15. Menjaga berat badan

Olahraga yang dilakukan selama niasa kehamilan dapat mempertahankan berat badan. Kalau toh ibu hamil mengalami kenaikan berat badan akibat

Rekomendasi vitamin untuk Ibu Hamil

Rekomendasi vitamin untuk Ibu Hamil

Kehamilan mengharuskan Anda mengubah kebiasaan makan. Anda harus makan makanan yang lebih bervariasi, termasuk sayuran dan buah-buahan. Karena didalam buah-buahan dan sayuran terdapat berbagai jenis nutrisi penting dan vitamin untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin. Apa saja rekomendasi vitamin untuk wanita hamil?

Vitamin C

Vitamin C dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini kemudian dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menyerap zat besi. Ini membantu wanita hamil menghindari anemia – yang merupakan salah satu penyakit paling umum pada wanita hamil.

Kebutuhan vitamin C wanita hamil adalah 85 mg, sesuai dengan tingkat kecukupan gizi (AKG) 2013. Mereka dapat dipenuhi dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, stroberi, mangga, pepaya, brokoli, kubis Brussel, tomat, paprika merah dan kentang.

Vitamin D

Asupan vitamin D diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih dalam kandungan. Vitamin D bertanggung jawab untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Menurut AKG 2013, kebutuhan vitamin D wanita hamil adalah 15 mcg.

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D melalui makanan, selain dari sinar matahari, yang merupakan sumber terbaik vitamin D. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan berlemak (seperti salmon, tuna, mackerel, sarden dan herring), telur dan daging merah. Selain itu, beberapa makanan juga diperkaya dengan vitamin D, seperti susu, sereal dan jus buah.

Vitamin B kompleks

Vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12 adalah jenis vitamin B yang harus dipenuhi oleh wanita hamil. Harus diingat bahwa asam folat adalah bentuk vitamin B yang diperlukan untuk berfungsinya plasenta dan pencegahan kelainan bawaan pada bayi. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks ini dari berbagai buah dan sayuran, serta telur, ikan, makanan laut, daging, gandum dan lainnya.

Vitamin E

Untuk mempromosikan pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot, tubuh membutuhkan suplai vitamin E yang cukup. Menurut AKG, wanita hamil membutuhkan 15 mg vitamin E per hari, yang sesuai dengan dengan minyak nabati, kacang-kacangan, bayam dan sereal yang diperkaya dengan vitamin E.

Vitamin A

Vitamin A digunakan untuk mendukung perkembangan penglihatan janin. Selain itu, kandungan antioksidan vitamin A juga diperlukan untuk meningkatkan kekebalan ibu, agar ibu tidak mudah sakit

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten, banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Misalnya, wortel, bayam, brokoli, kangkung, mangga, paprika merah dan kentang manis. Menurut AKG 2013, kebutuhan vitamin A wanita hamil adalah 800 hingga 850 mcg. Asupan vitamin A harian maksimum adalah 1000 mg.

Tapi ingat, jangan melampaui angka maksimum ini karena kelebihan vitamin A dapat membahayakan janin. Karena alasan ini, WHO tidak merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi suplemen vitamin A.

Makanan yang harus dimakan ibu hamil, janin menjadi sehat dan cerdas

Makanan yang harus dimakan ibu hamil

Ada beberapa batasan diet yang harus Anda hindari selama kehamilan. Ada juga makanan yang harus Anda makan untuk memberi makan bayi Anda dengan benar. Saya telah merangkum makanan terbaik untuk wanita hamil.

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang cocok untuk wanita hamil karena mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan. Telur merupakan sumber kolin yang penting, yang baik untuk perkembangan otak dan kesehatan tubuh. Asupan kolin rendah meningkatkan risiko cacat tabung saraf atau disfungsi otak pada janin.

Salmon

Seperti kita ketahui, salmon adalah ikan yang kaya akan omega 3. Kandungan ini sangat penting untuk perkembangan janin agar sehat. Wanita hamil sangat disarankan untuk makan salmon setiap minggu.

Daging

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi. Diantaranya, daging sapi, dan ayam. Daging sapi dan ayam mengandung zat besi, kolin, vitamin B lainnya dan dibutuhkan dalam jumlah besar selama kehamilan. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah mereka meningkat, terutama pada trimester ketiga.

Sayuran Hijau

Untuk wanita hamil, sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan kangkung sangat penting untuk dimakan karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Nutrisi dalam sayuran ini termasuk serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat dan kalium. Selain itu, brokoli dan sayuran hijau lainnya juga kaya akan antioksidan.

Produk olahan susu

Selama kehamilan, ibu membutuhkan lebih banyak protein dan kalsium untuk menjaga pertumbuhan janinnya. Pastinya, wanita hamil harus mengkonsumsi produk olahan susu. Yoghurt khususnya, karena lebih banyak kalsium daripada produk olahan susu lainnya.

Apa saja Pantangan Untuk Ibu Hamil

Dari sudut pandang medis, beberapa tradisi dapat diterima, meskipun sebagian besar dari mereka masih dalam pengembangan penelitian medis yang bertujuan menentukan hubungan antara tradisi dan kehamilan. Selama kehamilan, Anda diharuskan untuk memberikan asupan nutrisi sebagai dukungan untuk perkembangan janin selama kehamilan. Ada juga konsumsi makanan atau gaya hidup tabu tertentu yang akan memengaruhi kesehatan janin. Apa saja pantangan untuk ibu hamil simak berikut:

Makanan Mentah

Makanan mentah dari hewan dan sayuran menimbulkan risiko tinggi terhadap masalah kesehatan. Makanan ikan mentah seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue mentah mengandung lebih banyak bakteri, virus, dan parasit yang mengganggu perkembangan janin Anda.

Apalagi jika dewasa muda masih rentan mengalami keguguran. Sayuran mentah seperti kecambah memiliki risiko bakteri lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan ini dengan memasaknya untuk menghindari risiko kesehatan.

Makanan Pemicu Alergi

Jika Anda, pasangan Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, janin mungkin berisiko alergi. Menghindari jenis makanan lain yang menyebabkan alergi, seperti kacang-kacangan atau produk olahan, baik selama kehamilan dan saat menyusui dapat mengurangi risiko alergi pada janin.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol akan menghambat konsumsi nutrisi untuk janin Anda, dan oksigen yang dibutuhkan janin akan melemah. Alkohol memiliki efek pada kemampuan otak janin, sehingga Anda yang lagi mengandung disarankan tidak mengonsumsi minuman beralkohol, karena saat janin lahir biasanya memiliki masalah termasuk IQ dan gangguan fisik.

Kafein

Banyak penelitian mengaitkan kafein dengan kehamilan. Dalam keadaan normal, jangan mengonsumsi kafein berlebihan setiap hari dan selama kehamilan karena kandungan kafein dari secangkir kopi, minuman supleman menyebabkan risiko keguguran dan berat badan kurang saat lahir, bahkan dalam kasus yang parah yang mengakibatkan kematian saat lahir.

Merokok

Kebiasaan merokok yang masih dipraktikkan selama kehamilan akan membuat bayi lahir dengan berat lahir rendah. Situasi ini tidak baik untuk bayi karena dapat mencegah anak-anak belajar di masa depan. Tidak hanya itu, anak Anda mungkin kecanduan nikotin, bahkan ia akan cenderung merokok ketika masih dini.

Penutup

Manfaat olahraga untuk ibu hamil terbukti membawa peran yang sangat besar, baik bagi ibu yang sedang hamil maupun janin yang berada dalam kandungan. Selain bisa mencegah osteoporosis. Manfaat fisik dan psikis yang berupa perasaan senang, sehat serta bugar akan mengoptimalkan perkembangan fisik dan psikis janin juga. Bila ibu merasa senang, dalam kondisi sehat dan bugar janin pun demikian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *